Siasat Orang Terkaya Asia Kumpulkan Rp 215 T Dalam 2 Bulan

Tech - Daniel Forman Siburian, CNBC Indonesia
24 June 2020 13:50
Mukesh Ambani, Chairman and Managing Director of Reliance Industries, reacts during the 2011 spring membership meeting organised by the Institute of International Finance (IIF) in New Delhi March 4, 2011. REUTERS/B Mathur/Files

Jakarta, CNBC Indonesia - Mukesh Ambani kini banyak dibicarakan orang. Startup orang terkaya Asia ini, Jio Platforms, berhasil mengumpulkan US$15,2 miliar atau setara Rp215 triliun melalui 11 kesepakatan bisnis dalam dua bulan. Menariknya, dana itu terkumpul di tengah pandemi Covid-19.

Penggalangan dana ini dimulai dengan pengumuman blockbuster pada 22 April lalu bahwa Reliance menjual 10% saham Jio Platforms kepada Facebook senilai US$5,7 miliar. Selanjutnya Jio Platforms mendapat dana segar dari perusahaan investasi kelas kakap swasta Kohlberg Kravis Roberts (KKR) sebesar US$1,5 miliar, Visa Equity Partners US$1,5 miliar, dan Saudi Arabia Public Invesment Fund US$1,35 miliar.

Kemudian dari Silver Lake sebesar US$1,35 miliar, Mubadala US$1,2 miliar, General Atlantic US$870 juta, Abu Dhabi Investment Authority US$750 juta, TPG US$600 juta, L Catterton US$250 juta, dan terakhir Jio Platforms mengumumkan pemerintah Arab Saudi akan menginvestasikan US$1,5 miliar untuk 2,3% saham di perusahaan. 


Adapun dana tersebut digunakan untuk membayar utang induknya Reliance Group. Setelah kesepakatan dengan pemerintah Arab Saudi, Mukesh Ambani mengklaim sekarang perusahaannya telah bebas dari utang, suatu prestasi yang dicapai sembilan bulan lebih awal dari yang diharapkan, seperti dilansir dari Fortune, Rabu (24/6/2020).

Selain membayar utang, dana kemungkinan akan digunakan untuk mempersiapkan proses IPO luar negeri untu Jio Platforms. Para analis memperkirakan perusahaan dapat meraup dana segar sebesar US$100 miliar lewat penawaran umum perdana ini.

Tampaknya pandemi Covid-19 telah mempercepat ambisi Mukesh Ambani, yang ingin mentransisikan Reliance Grup dari perusahaan minyak ke digital. Tetapi apakah Jio Platforms dapat menjadi raksasa teknologi bonafit pertama di India, ini bergantung pada sejauh mana operator telekomunikasi dapat bertransformasi menjadi perusahaan digital yang mengalahkan persaingan ketat di India dan luar negeri.

Dari Tekstil ke Telekomunikasi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading