Bos BCA Bicara Cara Sukses Hadirkan Digital Banking di RI

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
23 July 2020 14:48
Webinar Nasional CNBC Indonesia bertema

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) merupakan salah satu bank yang telah menggunakan digitalisasi dalam sistem perbankannya. Bank ini berhasil mengkombinasikan fungsi perbankan menjadi lebih luas dengan adanya jaringan di platform bisnis.

Dalam kesempatan Webinar Nasional "The Future of Digital Banking", Kamis (23/7/2020), Jahja Setiaatmadja, Direktur Utama BCA membeberkan cara sukses bank untuk bisa menghadirkan digitalisasi sistem perbankan.

Kata Jahja, kunci utama untuk mengembangkan digitalisasi perbankan adalah permodalan yang kuat sehingga perusahaan dapat menginvestasikan dananya untuk sistem digital. Sebab perusahaan membutuhkan investasi untuk memperkuat sistem internal hingga sumber daya manusia yang mumpuni.


"Kesulitan bagi bank-bank yang permodalan kurang, investasi kurang. Harus ada programmer, analis. Hacker ini bukan untuk membajak sistem, [tapi] yang membuat program," kata Jahja.

Dia mengatakan, dalam mendapatkan sumber daya manusia yang cocok untuk mengembangkan sistem digital di perbankan juga bersaing dengan fintech. Sehingga dibutuhkan koordinasi di industri dan permodalan yang kuat dalam pengembangan yang dilakukan.

"Ini saya kira bahwa untuk memajukan future digitalisasi, penting koordinasi dan penting permodalan. Memang kalau tidak dikembangkan, akan menyulitkan untuk bisnis perbankan," imbuhnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading