Bos DBS Indonesia: Tantangan Terbesar Digital, Ubah Mindset!

Market - Yuni Astuti & Monica Wareza, CNBC Indonesia
23 July 2020 12:08
Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna di acara Webinar Nasional CNBC Indonesia bertema

Jakarta, CNBC Indonesia - Bankir-bankir Indonesia mengungkapkan salah satu tantangan dalam transformasi digital bank-bank nasional adalah perubahan pola pikir (mindset) para SDM yang ditantang agar semakin berfikir lebih luas berkaitan dengan teknologi guna mendukung layanan perbankan bagi nasabah yang kian beragam.

Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna mengatakan perubahan mindset tersebut agar SDM bisa berfikir dan bertindak layaknya perusahaan rintisan (start-up) dan memberikan pemikiran yang inovatif di tengah penetrasi teknologi informasi.

"SDM, tantangan terbesar DBS saat transformasi digital adalah ubah mindset. Kami ditantang perluas wawasan di luar bank ke teknologi biar bisa bertindak layaknya start-up, banyak pelatihan di topik digital agile inform, security, cyber crime dan inovative think," kata Paulus saat menjadi pembicara dalam Webinar Nasional bertajuk "The Future of Digital Banking", Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang digelar CNBC Indonesia, Kamis ini (23/7/2020).


Dalam forum ini, hadir pula pembicara lain mulai dari Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Sunarso, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiaatmadja, dan Ketua Asbanda Supriyatno. Sebagai pembicara kunci yakni Anggota Dewan Komisioner OJK Heru Kristiyana.

Dalam kesempatan itu, Dirut BCA Jahja juga mengamini pernyataan Paulus. 

"Saya setuju dengan Pak Paulus bilang, kita harus berfikir seperti fintech atau startup. Tapi itu belum cukup. Di bank ada rambu-rambu legal, kehati-hatian, kadang melihat fintech begitu cepat perubahan namun tanda petik, itu relatif lebih sederhana output-nya," kata Jahja.

Lebih lanjut Paulus mengatakan revolusi industri 4.0 yang mengarah ke digitalisasi adalah keniscayaan dan perbankan tidak terkecuali akan terkena, bahkan terdampak cukup kencang.

"Makanya saya percaya banking will be less and less physical. Baking jadi makin seemless bukan kata kerja dan jadi keseharian kita. Dalam antisipasi perubahan, kami lakukan transformasi digital, digital to the core dari layanan hingga budaya kerja," katanya.

"Dapat dicatat, tranformasi digital bukan hanya teknologi tapi digital mindset jadi ... apakah persoalan nasabah kita bantu gimana kita membantunya, bagaimana kita bantu penyelesaian nasabah dengan digital," katanya.

"Untuk itu, dengan digital mindset, kita ingin setiap orang think wide startup, agile, membuat keputusan cepat. Makanya kami keluarkan Digibank pada Agust 2017 dan DBS Ideal [aplikasi mobile] juga," terang Paulus.

Dia menjelaskan untuk pengembangan di Indonesia, ada tiga hal yang bisa dibahas yakni teknologi, UX (user experience), dan keamanan.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading