Inggris & Deretan Negara yang Blokir Perangkat 5G Huawei

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 July 2020 18:02
FILE PHOTO: Small toy figures are seen in front of a displayed Huawei and 5G network logo in this illustration picture, March 30, 2019. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Inggris jadi negara terbaru yang melarang perangkat 5G Huawei dalam infrastruktur 5G pada 2027. Kebijakan ini bakal menjadi pukulan telak bagi raksasa teknologi China ini.

Inggris memblokir Huawei dengan pertimbangan adanya kebijakan baru Amerika Serikat (AS) yang melarang penggunaan teknologi dari AS untuk chip yang dipasok ke Huawei, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (15/6/2020).

Juru Bicara Huawei Inggris Edward Brewster menyatakan kebijakan ini sangat mengecewakan dan buruk bagi seluruh warga Inggris. Mereka juga meminta Inggris untuk kembali mengkaji kebijakan tersebut.


Huawei masih menyakini bahwa pembatasan baru yang diserukan oleh AS tidak akan berpengaruh terhadap ketahanan atau keamanan produk-produk yang kami pasok ke Inggris," ujar Edward Brewster.

"Sangat disayangkan masa depan kami di Inggris telah dipolitisasi dan ini bukan tentang isu keamanan, namun semata-mata karena terkait isu kebijakan dagang AS. Selama dua puluh tahun, Huawei selalu fokus untuk membangun negara Inggris yang terhubung lebih baik."

Berikut beberapa negara yang melarang penggunakan perangkat 5G Huawei:

1. Amerika Serikat

AS menjadi negara pertama yang memblokir perangkat 5G Huawei dengan alasan keamanan nasional. AS menuduh perangkat 5G Huawei bisa disusupi pemerintah China untuk memata-matai negara lain. Huawei telah membantah tudingan tersebut.


2. Australia

Pada bulan Agustus 2018, Australia melarang Huawei dan ZTE berpartisipasi dalam jaringan 5G dengan alasan keamanan nasional.

3. Selandia Baru

Pada November 2018, Selandia Baru mengumumkan pemblokiran perangkat 5G Huawei dengan alasan risiko keamanan nasional yang signifikan.

4. Jepang

Jepang melarang Huawei dan perusahaan China lainnya berpartisipasi dalam pengadaan perangkat internet publik pada Desember 2018 silam. Pemerintah tidak menyebut nama Huawei secara khusus dalam pedomannya, tetapi memperingatkan operator telekomunikasi untuk tidak menggunakan peralatan yang dapat membawa risiko keamanan.

5. Prancis

Badan cybersecurity Perancis, ANSSI memastikan tidak akan memblokir perangkat Huaweai dalam peluncuran jaringan 5G Perancis. Tetapi mereka mendorong perusahaan telekomunikasi untuk menghindari perangkat raksasa China ini, seperti dikutip dari Reuters.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading