Ini Kandungan Vaksin Moderna yang Manjur Bagi Pasien Covid-19

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 July 2020 13:28
A sign marks an entrance to a Moderna, Inc., building, Monday, May 18, 2020, in Cambridge, Mass. Moderna announced Monday, May 18, 2020, that an experimental vaccine against the coronavirus showed encouraging results in very early testing, triggering hoped-for immune responses in eight healthy, middle-aged volunteers.(AP Photo/Bill Sikes)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan bioteknologi asal AS, Moderna baru saja mengumumkan hasil uji teks vaksin tahap pertama ke sukarelawan dan semua 'manjur' alias menghasilkan antibodi. Lantas apa kandungannya?

Hal ini dilaporkan Selasa (14/7/2020) waktu setempat dalam "New England Journal of Medicine". Vaksin memicu respon kekebalan pada 45 yang jadi pasien dalam pengujian. Tidak ada efek samping serius kecuali kelelahan, sakit kepala, kedinginan, nyeri otot atau nyeri di area yang disuntik.

"Dunia sangat membutuhkan vaksin untuk melindungi kita terhadap Covid-19," kata penulis utama penelitian Dr Lisa Jackson dari Kaiser Permanente, Washington Health Research Institute di Seattle, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (16/7/2020).


Lantas apa kandungan vaksin Moderna yang manjur untuk pasien Covid-19? Vaksin yang sedang dikembangkan oleh Moderna diberi nama mRNA-1237. Vaksin ini akan melakukan uji klinis fase tiga pada 27 Juli 2020.

Vaksin Moderna menggunakan suatu molekul messenger RNA yang mengkode protein virus corona bernama spike dikombinasikan dengan sistem penghantaran obat menggunakan nanopartikel dari suatu jenis lemak tertentu.

Moderna menggunakan suatu jenis lemak khusus berukuran nano untuk 'membungkus' gen pengkode protein spike tersebut.  Harapannya, ketika vaksin ini diberikan kepada pasien antibodi penawar akan segera diproduksi oleh tubuh untuk melawan serangan atau invasi virus corona jenis baru ini.

Protein spike merupakan suatu protein di permukaan virus yang bentuknya seperti tonjolan sehingga membuat penampakan virus corona seperti mahkota. Menurut Rane, dkk (2020) protein ini memiliki peranan untuk membawa masuk virus ke dalam sel inang. 

Mengetahui peranannya dalam mekanisme infeksi virus, protein ini oleh para ilmuwan digunakan sebagai antigen untuk memancing respons imun inang guna menghasilkan antibodi penetralnya.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading