Sabar, Vaksin Covid-19 Made in RI Tersedia Pertengahan 2021

Tech - Rahajeng Kusuma Hastuti, CNBC Indonesia
07 July 2020 17:05
Reisa Broto Asmoro - Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas

Jakarta, CNBC Indonesia - Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengklaim vaksin Covid-19 buatan Indonesia (made in RI) akan diproduksi massal pada pertengahan 2021.

Reisa Broto Asmoro mengatakan saat ini sudah ada 5 vaksin dalam tahap uji klinis atau diujikan ke manusia yakni milik China, Amerika Serikat dan Inggris. Indonesia sendiri juga sedang mengembangkan vaksin Covid-19 buatan sendiri.

"Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kemenristek, Prof Ali Ghufron Mukti memprediksi vaksin lokal akan diproduksi massal dan akan tersedia bagi masyarakat Indonesia pertengahan 2021," ujar Reisa dalam konferensi pers digital, Selasa (7/7/2020).


Reisa mengajak masyarakat mendukung upaya pembuatan vaksin ini. Nantinya, jika sudah diproduksi secara massal, vaksin akan diberikan kepada masyarakat yang berisiko yaitu kaum lansia atau dan mereka yang punya penyakit penyerta (komorbid).

Vaksin Covid-19 buatan Indonesia ini dikembangkan oleh Lembaga eijkman, PT Bio Farma dan Kalbe Farma bekerja sama dengan perusahaan dalam dan luar negeri.

"Kita optimis Indonesia bisa menghasilkan vaksin sendiri. Dari 15 tahapan vaksin, Indonesia sudah delapan tahapan, dan masih proses tujuh lagi yang butuh waktu lama," jelasnya.

"Vaksin yang ditemukan di negara lain juga akan bermanfaatkan untuk membentuk kekebalan tubuh. ini berita baik namun perlu diingat sebelum vaksin ada kita wajib melindungi diri dari Covid-19."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading