Bisa Cepat & Gratis, Kenapa Rekening Bank Dijual Rp 1 Juta?

Tech - dob, CNBC Indonesia
03 July 2020 18:36
Jual Beli Buku Tabungan//Cover

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini membuka rekening bank bisa dilakukan dengan mudah, mulai dari datang langsung ke kantor cabang bank terdekat hingga melalui aplikasi alias online.

Bank BCA misalnya, memberikan fasilitas pembukaan rekening melalui aplikasi Mobile Banking yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Pada halaman website resmi BCA bahkan tertulis tidak perlu datang ke kantor cabang, dan lebih mudah karena bisa melakukan tarik tunai tanpa kartu.

Tak hanya BCA, Jenius milik BTPN juga bisa membuka rekening bank hanya dalam genggaman. caranya juga cukup mudah, yaitu unduh aplikasi Jenius pada smartphone, dan isi data pribadi secara lengkap.


Tahap selanjutnya, aktivasi akun dengan dua cara yaitu melalui video call yang akan dibantu oleh jenius crew, atau datang ke Jenius Live terdekat. Tidak perlu ada saldo minimum untuk mulai menabung di Jenius, alias setoran awal bebas ditentukan berapapun.

Melalui aplikasi tersebut, nasabah sudah bisa melakukan berbagai transaksi layaknya mendaftarkan akun perbankan di kantor cabang terdekat. Bahkan, dewasa ini telah tersedia kartu debit hingga kredit digital yang bisa digunakan untuk pembayaran layaknya kartu fisik.

Kemudahan pembukaan rekening perbankan ini seolah mempertegas bahwa pembukaan akun perbankan tak butuh waktu lama. Paling penting dari semua itu adalah gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun.

Namun, sebelumnya CNBC Indonesi menemukan praktek jual beli akun rekening bank di beberapa e-commerce besar di Indonesia, Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, hingga Shopee. Harga jualnya beragam, mulai dari ratusan ribu hingga Rp 1 juta.

Penjualan akun rekening bank tersebut dan menemukan salah satu pelapak bernama Raisa Safitri. Berlokasi di Sumedang Jawa Barat, dia menuliskan jika toko online miliknya menjual kartu ATM dengan buku tabungannya seharga Rp 1 juta. Ada pula rekening bank batangan alias tanpa embel-embel apapun seharga Rp 500.000.

Respon penjual awalnya sangat lama, meski pada akhirnya penjual merespon. Mengaku ada persediaan rekening bank, dia menyebut tak bisa memilih nama akun bank alias akan diberikan secara acak.

"Atas namanya random, gak bisa milih dan ready," katanya.

Tak hanya Bukalapak, penjual rekening bank juga bisa ditemui di Tokopedia. "Pinkyouthstore" yang menampilkan foto deretan ATM beserta nomor kontak yang bisa dihubungi melalui whatsapp. Saat dihubungi, pelapak yang satu ini merespon dengan cepat, dan menjelaskan informasi terkait dengan pembelian akun rekening bank tersebut.

Pelapak lantas membalas dengan pesan berisi sebutkan nama, alamat, pesanan dan jumlah, saat ditanya apakah benar menjual rekening bank. Pelapak juga mengaku memiliki banyak stok akun rekening bank yang bisa dijual.

Harga memang terbilang mahal, dibanding melakukan pembukaan secara mandiri langsung ke kantor cabang bank yang memang gratis. Namun ada diskon alias potongan harga jika membeli dalam jumlah banyak.

"Aku diskon Rp 100 ribu per barang kalau beli banyak," ujarnya bernegosiasi.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading