Jual Beli Rekening Bank di Tokopedia Cs, Ini Respons BI & OJK

Tech - dob, CNBC Indonesia
02 July 2020 16:10
Jual- Beli Buku Tabungan , buku tabungan

Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) angkat bicara guna merespon jual beli rekening bank di beberapa e-commerce sebut saja Tokopedia, Bukalapak, hingga Shopee.

"Ini GPN kan sistem pembayaran, kewenangan Bank Indonesia (BI) dan Satgas Waspada Investasi," kata Juru Bicara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sekar Putih Jarot kepada CNBC Indonesia.

Saat dikonfirmasi ke BI, Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengaku terkejut dan tak tahu menahu. Bahkan, dia mengaku ini merupakan suatu hal yang baru.


"Waduh hal baru ya.. Saya pelajari dulu," ujar Onny.

Sebelumnya, ditemukan beberapa toko online yang menjual rekening bank dengan bermacam jenis dan harga. Bahkan ada satu pelapak di Tokopedia yang menjual semua jenis rekening bank dengan harga mulai dari Rp 500 ribu untuk paket biasa dan Rp 700 ribu untuk paket lengkap.

CNBC Indonesia mencoba menelusuri praktik illegal ini di Tokopedia. Dengan kata kunci pencarian seperti "rekening bank" "rekening BCA" "jual rekening" munculkan pedagang rekening bank.

Ada beberapa pelapak yang menjual akun rekening bank di sana.

Salah satunya adalah pelapak "Pinkyouthstore" yang menampilkan foto deretan ATM beserta nomor kontak yang bisa dihubungi melalui whatsapp. Saat dihubungi, pelapak yang satu ini merespon dengan cepat, dan menjelaskan informasi terkait dengan pembelian akun rekening bank tersebut.

Pelapak lantas membalas dengan pesan berisi sebutkan nama, alamat, pesanan dan jumlah, saat ditanya apakah benar menjual rekening bank. Pelapak juga mengaku memiliki banyak stok akun rekening bank yang bisa dijual.

Jual Beli Buku Tabungan//CoverFoto: Jual Beli Rekening Bank

Harga memang terbilang mahal, dibanding melakukan pembukaan secara mandiri langsung ke kantor cabang bank yang memang gratis. Namun ada diskon alias potongan harga jika membeli dalam jumlah banyak.

"Aku diskon Rp 100 ribu per barang kalau beli banyak," ujarnya bernegosiasi.

Pelapak mengaku, akun rekening bank yang dijual masih fresh alias baru, bukan akun rekening bank bekas orang lain. Bahkan, pembeli bisa memilih nama, perempuan atau laki-laki.

Menanggapi ini, External Communications Senior Lead, Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengaku terkait ditemukannya produk ATM maupun rekening di platform Tokopedia, pihaknya telah melarang tayang produk dan/atau toko yang melanggar tersebut.

"Walau Tokopedia bersifat UGC, dimana setiap penjual bisa mengunggah produk secara mandiri, kami tidak pernah mendukung praktik tidak bertanggung jawab seperti ini. Aksi proaktif pun terus kami lakukan untuk menjaga aktivitas dalam platform Tokopedia tetap sesuai dengan hukum yang berlaku," ujar Tokopedia dalam keterangannya kepada CNBC Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading