Sia-Sia Beli Rekening Bank di Tokopedia hingga Shopee

Tech - dob, CNBC Indonesia
06 July 2020 19:02
akun fintstore cover (Jual beli buku tabungan)

Jakarta, CNBC Indonesia- Aksi jual-beli rekening bank secara bebas belakangan ramai terdengar. Padahal seharusnya rekening bank tidak boleh diperjual belikan. Untuk membuat rekening nasabah harus datang dan mengurus secara pribadi dengan pihak bank.

Dari hasil penelusuran CNBC Indonesia, ternyata sangat mudah menemukan penjual yang menawarkan rekening bank di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Para pedagang tersebut menawarkan hingga ratusan rekening bank dengan berbagai nama.

Pembeli bisa memesan rekening dengan nama berjenis kelamin perempuan atau laki-laki. Pedagang pun menawari rekening baru alias belum pernah dipakai sebelumnya ataupun rekening bekas.


Menanggapi hal ini Digital Banking Head Bank BTPN Irwan S. Tisnabudi menegaskan membeli rekening bank merupakan perbuatan illegal dan sia-sia. Pasalnya bank akan terus melakukan monitoring dan memberantas setiap rekening yang mencurigakan.

"Membuka rekening bank itu gratis, mudah dan cepat. Jadi, kalau ada orang yang sampai membeli rekening milik orang lain, maka dia patut diduga memiliki motif jahat," Irwan kepada CNBC Indonesia belum lama ini.

Irwan mengatakan Jenius berkomitmen untuk segera menindak tegas segala penyalahgunaan rekening Jenius dalam bentuk penipuan apa pun, termasuk memperjualbelikan akun Jenius.

"Sesuai dengan aturan, kami berhak menutup rekening yang pembukaan dan pemiliknya tidak jelas," katanya.

Irwan menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan para perusahaan e-commerce untuk ikut memberantas merchant yang jual beli rekening bank. Apalagi akun bank yang diperjualbelikan tidak bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya.

"Kami tentu juga berharap partisipasi publik apabila menemukan oknum yang memperjualbelikan rekening Jenius, segera laporkan melalui e-mail ke Jenius Help di jenius-help@btpn.com, " kata Irwan.

Dalam Instagram resmi Jenius @jeniusconnect pun mengingatkan nasabahanya untuk menghindari praktik jual beli akun Jenius, untuk keamanan data dan dana nasabah. Sesuai dengan ketentuan, Jenius berhak menutup rekening yang penggunaannya menyalahi ketentuan termasuk ketidakjelasan pada pembukaan atau pemilik rekening.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading