Menakar Peluang WhatsApp Payment Dengan Gandeng Gojek di RI

Tech - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
16 June 2020 17:50
Mark Zuckerberg. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook resmi memasuki bisnis pembayaran digital dengan meluncurkan WhatsApp Payment di Brasil. Ini adalah bisnis besar yang diincar Facebook setelah bisnis iklan.

Techcrunch melaporkan, Selasa (16/6/2020) Untuk menghadirkan layanan Payment, WhatsApp bekerja sama dengan lembaga keuangan yakni Banco do Brasil, Nubank dan Sicredi. Transaksi ini akan diproses oleh Cielo, perusahaan payment gateway.

Cara mengaktifkan layanan ini dengan menghubungkan kartu kredit atau kartu kredit Visa dan Mastercard ke WhatsApp. Layanan ini gratis bagi pengguna individual sementara bisnis dikenakan fee sebesar 3,99%.


"WhatsApp banyak sekali digunakan di sana [Brazil], baik oleh individu maupun UKM-nya" kata Matt Idema, COO WhatsApp. "Kami pikir kami mampu mendorong pertumbuhan pembayaran digital, ekonomi digital bersama UKM dan mendukung inklusi keuangan" tambahnya.

Kontribusi iklan terhadap pendapatan mencapai lebih dari 95% dari total pendapatan Facebook. Pendapatan yang bersumber dari pos iklan tumbuh hingga 308% sejak 2015-2020. Sementara itu pendapatan Facebook sisanya berasal dari bisnis sistem pembayaran dan lainnya yang juga mencatatkan pertumbuhan 23% pada periode yang sama.

Terlalu tergantung pada bisnis iklan digital bisa menimbulkan masalah bila bisnis ini turun di kemudian hari. Makanya membidik bisnis pembayaran digital menjadi opsi yang masuk akal.

Apalagi pembayaran digital adalah bisnis masa depan dengan melihat tren global yang menuju 'cashless society'. Banyak raksasa teknologi global lainnya seperti Google dan Alibaba yang juga masuk ke dalam persaingan bisnis e-wallet dan sistem pembayaran melalui Google Pay dan AliPay.

Lantas, apakah WhatsApp Payment akan masuk ke Indonesia? Peluang untuk itu cukup besar. Apalagi Facebook baru saja menjadi investor Gojek meskipun Juru Bicara Facebook Indonesia dan GoPay menolak mengomentari hal ini.

"Kami tidak dapat berkomentar mengenai WhatsApp Pay, bagi kami investasi yang diperoleh Gojek baru-baru ini mencerminkan kepercayaan investor terhadap kemampuan Gojek dalam mengakselerasi penggunaan pembayaran digital untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Gojek dan Facebook, termasuk Whatsapp selalu percaya terhadap pemberdayaan UMKM," ujar Winny Triswandhani, Head of Corporate Communications GoPay.

Mengapa Membidik Indonesia?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading