WhatsApp Payment Resmi Dirilis, Kirim Uang Semudah Kirim Foto

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
16 June 2020 06:31
Infografis: Tak Banyak Dipakai Pengguna, Ini 5 Fitur Canggih WhatsApp

Jakarta, CNBC IndonesiaFacebook resmi meluncurkan WhatsApp Payment fitur layanan pengiriman uang. Fitur ini membuat transfer uang semudah kirim foto pada 2 miliar pengguna WhatsApp.

Uniknya layanan WhatsApp Payment diluncurkan di Brasil, padahal selama ini Facebook melakukan uji coba layanan ini di India sejak tahun lalu dan sedang menunggu hasil kajian pemerintah untuk meluncurkan layanan remitansi ini.

"Dengan senang hati kami mengumumkan bahwa mulai hari ini kami menghadirkan pembayaran digital untuk pengguna WhatsApp di Brasil. Pengguna akan dapat mengirim uang dengan aman atau melakukan pembelian dari bisnis lokal tanpa perlu keluar dari chat," ujar WhatsApp dalam keterangan pers, Selasa (16/6/2020).


Untuk menghadirkan layanan Payment, WhatsApp bekerja sama dengan lembaga keuangan yakni Banco do Brasil, Nubank dan Sicredi. Transaksi ini akan diproses oleh Cielo, perusahaan payment gateway.

Cara mengaktifkan layanan ini dengan menghubungkan kartu kredit atau kartu kredit Visa dan Mastercard ke WhatsApp. Layanan ini gratis bagi pengguna individual sementara bisnis dikenakan fee sebesar 3,99%.

"Sekarang, selain dapat melihat katalog bisnis, pelanggan juga dapat mengirim pembayaran untuk produk yang mereka beli. Menjadikan proses pembayaran lebih sederhana dapat membantu mendorong lebih banyak bisnis memasuki ekonomi digital," terang WhatsApp.

"Selain itu, kami membuat proses pengiriman uang kepada orang-orang terdekat menjadi semudah mengirim pesan. Hal ini menjadi semakin penting karena orang-orang secara fisik terpisahkan oleh jarak satu sama lain."

"Oleh karena pembayaran di WhatsApp diselenggarakan oleh Facebook Pay, di masa mendatang kami ingin agar pengguna dan bisnis dapat menggunakan informasi kartu pembayaran yang sama di semua aplikasi yang dimiliki oleh Facebook."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading