India Kini Bisa Transfer Uang dan Bayar Tagihan Via WhatsApp

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 November 2020 14:10
Infografis/sama mudahnya seperti kirim foto, Whatassap Payment resmi dirilis/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna WhatsApp di India kini sudah bisa melakukan transfer uang dan pembayaran tagihan melalui WhatsApp. Ini karena Facebook resmi meluncurkan WhatsApp Payment.

Facebook mengungkapkan pengalaman pembayaran yang aman ini akan menjadikan pengiriman uang semudah mengirimkan pesan atau chat dan tidak perlu lagi membayar uang tunai atau pergi ke bank atau mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Untuk menghadirkan layanan ini Whatsapp menggandeng Perusahaan Pembayaran Nasional India (National Payments Corporation of India - NPCI) dengan menggunakan Antarmuka Pembayaran Terpadu (Unified Payment Interface - UPI), sebuah sistem pembayaran secara real-time pertama di India yang memungkinkan transaksi dengan lebih dari 140 bank yang didukung.


"Kami telah bekerja selama lebih dari dua tahun untuk bergabung dengan kampanye di India yang bertujuan untuk meningkatkan penggunaan dan kemudahan pembayaran digital, yang akan membantu memperluas keuangan inklusif di negara tersebut," ujar WhatsApp dalam keterangan resmi, Jumat (6/11/2020).

Untuk mengirim uang melalui WhatsApp, pengguna perlu memiliki rekening dan kartu debit di India. Dompet digital WhatsApp Payment ini bekerja sama dengan empat bank besar India. Yakni, ICICI Bank, HDFC Bank, State Bank of India, dan Axis Bank.

Untuk mengaktifkan pembayaran, WhatsApp akan mengirim instruksi ke bank, atau yang disebut juga sebagai penyedia layanan pembayaran, yang menginisiasi transfer uang melalui UPI antara rekening bank pengirim dan penerima.

"Sama seperti fitur WhatsApp lainnya, fitur pembayaran juga dirancang dengan seperangkat prinsip keamanan dan privasi yang kuat, seperti langkah untuk memasukkan PIN UPI pribadi setiap kali melakukan pembayaran," terang WhatsApp.

"Mulai hari ini, fitur pembayaran di WhatsApp tersedia bagi lebih banyak pengguna dengan aplikasi WhatsApp versi terbaru pada iPhone dan Android."


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading