Ini Persiapan Gojek Bawa Penumpang di New Normal

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
02 June 2020 10:47
Gojek (dok Gojek)
Jakarta, CNBC Indonesia - Startup ride hailing asal Indonesia Gojek mengaku telah menyiapkan protokol kesehatan agar driver ojol tetap aman ketika membawa penumpang di new normal pandemi virus corona Covid-19.

Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita mengatakan pihaknya sudah menyiapkan skenario atau strategi dalam mengoperasikan layannanya di era new normal, baik itu kepada mitra driver atau pun kepada penumpangnya.

Beberapa di antaranya, Gojek akan mewajibkan kepada mitra driver untuk menggunakan masker, sarung tangan, dan hand sanitizer sebagai syarat untuk menjalankan order, sesuai dengan peraturan pemerintah.


Gojek juga akan mendirikan 130 posko aman bersama di 16 kota. Di mana di posko ini, Gojek akan menyediakan tiga layanan bagi seluruh mitra driver, seperti layanan pengecekan suhu tubuh, pembagian healthy kit (masker dan hand sanitier), dan penyemprotan disinfektan, baik untuk motor atau mobi yang digunakan oleh mitra.

Rencananya, Gojek juga akan menambahkan fitur informasi kesehatan mitra di aplikasi gojek. Sehingga pelanggan bisa mengetahui bagaimana kondisi suhu tubuh mitra driver dan status disinfeksi kendaraan mitra driver melalui aplikasi gojek.

"Fitur ini tidak hanya membantu para pengguna layanan Gojek untuk merasa aman dan memastikan layanan mereka memenuhi standar kesehatan dan higienis, tapi juga membantu para mitra driver Gojek untuk bisa bekerja dengan tenang," jelas Nila, seperti dikutip Selasa (2/6/2020).

"Saat ini, ribuan armada kami juga telah dilengkapi sekat pembatas antara mitra driver dan penumpang. Jumlah ini akan terus bertambah ke depannya," kata Nila melanjutkan.

Sebelumnya, Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia Igun Wicaksono mengatakan pada Maret lalu pihaknya telah menerbitkan protokol kesehatan bagi para pengemudi dan imbauan agar penumpang membawa helm sendiri.

"Untuk memasuki fase baru pandemi Covid-19 Garda juga tengah menyiapkan dan siap menerapkan basic hygiene bagi para pengemudi ojol maupun pengguna jasa ojol sebagai penguatan protokol kesehatan sebagai preventif," ujar Igun Wicaksono dalam keterangan pers.

Basic hygiene merupakan langkah preventif Garda dalam ketika ojol bawa penumpang di new normal, di mana apabila ojol sudah diperbolehkan membawa penumpang, maka diharapkan penumpang mendapatkan layanan ojol yang bersih dan higienis optimal.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading