Bukti Masyarakat Indonesia Lebih Dermawan Selama Pandemi

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
18 May 2020 19:27
Istimewa
Jakarta, CNBC Indonesia - Survei McKinsey pada awal April kepada 700 responden Indonesia menyebutkan 49% masyarakat percaya ekonomi Indonesia akan bangkit dalam dua hingga tiga bulan ke depan dan pertumbuhannya akan sama bahkan membaik dibanding sebelum COVID-19. Dua per tiga responden juga menyatakan pembatasan sosial juga mengubah cara masyarakat dalam membelanjakan uangnya.

Di sisi lain, kondisi ini nyatanya memberi banyak pelajaran, salah satunya bagaimana masyarakat tetap saling membantu dan berbagi untuk sesama meski hanya di rumah saja. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan donasi yang disalurkan melalui GoPay. Data GoPay mencatat, tren donasi digital melalui GoPay meningkat pesat dibanding sebelum adanya pandemi COVID-19.


Masyarakat dapat memanfaatkan GoPay untuk berdonasi di layanan GoGive di aplikasi Gojek, website crowdfunding seperti Kitabisa.com, infaq.id dan juga melalui scan kode QRIS di lebih dari 400 masjid dan yayasan.


Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata mengatakan, donasi yang dihimpun via GoPay tembus lebih dari Rp 74 miliar selama Maret dan April 2020.

"Saat ini kami melihat empat tren donasi digital menggunakan GoPay. Yang pertama adalah di rekan donasi GoPay seperti kitabisa.com dan ratusan rumah ibadah; kedua, donasi bagi mitra driver Gojek melalui fitur tipping setelah menyelesaikan pesanan di aplikasi Gojek; ketiga, zakat digital di aplikasi Gojek; dan terakhir adalah melalui sejumlah konser amal yang tiketnya dapat dibeli melalui loket.com."

Budi juga mengajak segenap masyarakat untuk memanfaatkan fitur pembayaran zakat di aplikasi Gojek. "Yang menarik juga, kami melihat selama pandemi di bulan Maret dan April, pembayaran zakat melalui GoPay naik dua kali lipat dibanding awal tahun. Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat Indonesia memang telah menyadari pentingnya zakat dan donasi untuk membantu sesama di masa sulit ini," ujar Budi.


April lalu, GoPay, Loket, dan Billboard menggelar konser 'Nyanyi di Rumah' dan berhasil menjual 4.000 tiket dengan rentang harga tiket mulai Rp 25.000 hingga Rp 250.000.

Selama 10 hari, lebih dari 10 musisi mengajak masyarakat bernyanyi bersama sambil berdonasi untuk pejuang COVID-19 dan kru musik yang pekerjaannya terdampak oleh pandemi ini. Beberapa musisi tersebut diantaranya Ardhito Pramono, Eva Celia, Pamungkas, Petra Sihombing dan Vira Talisa.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading