Bantu Mitra GoFood, Gojek Gandeng BRI Untuk Salurkan KUR

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
18 May 2020 15:48
Dok: Gojek
Jakarta, CNBC Indonesia- Di tengah pandemi COVID-19 Gojek tetap memprioritaskan untuk membantu mitranya dan menjaga pertumbuhan roda ekonomi lokal. Apalagi pelaku UMKM atau Mitra GoFood saat ini merupakan salah satu yang paling terdampak oleh pandemi ini.

Saat ini Gojek memiliki lebih dari 400 ribu mitra usaha GoFood yang lebih dari 90% adalah UMKM. Demi meringankan beban mitranya, Gojek bersama BRI memberikan bantuan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk meringankan Beban Finansial Mitra GoFood, terutama yang belum mendapatkan akses kredit bank.

"Dalam masa pandemi COVID-19 ini, pengusaha UMKM kuliner yang tergabung sebagai merchant GoFood merupakan bagian dari populasi pekerja informal menjadi pertahanan untuk menjaga pertumbuhan roda ekonomi lokal," kata Co-CEO Gojek Andre Soelistyo dalam siaran resminya, Kamis (14/05/2020).


KUR merupakam adalah program inklusi keuangan pemerintah dan BRI dengan pinjaman sampai sebesar Rp 50 juta, dengan suku bunga yang sangat rendah yaitu 6% per tahun serta masa pinjaman selama 1-3 tahun. Agar tepat sasaran Gojek akan melakukan pre-screening berdasarkan data awal.


Selain penyaluran KUR sebelumnya Gojek juga telah memfasilitasi Mitra Usaha GoFood dengan Pinjaman Dana Bunga Ringan juga bersama Bank BRI. Selain kemudahan proses pinjaman, Gojek dan BRI juga memberikan kemudahan pembayaran KUR, melalui pemotongan dompet digital mitra usaha GoFood.

"Kami percaya jika makin banyak pihak yang saling bahu membahu, bersama kita bisa lalui masa pandemi ini. Kami berikan apresiasi kepada Bank BRI sebagai mitra strategis kami yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk membantu mereka yang terdampak dari situasi ini khususnya secara finansial. Kami berharap program ini dapat meringankan dan membantu mitra kami melewati masa sulit ini," katanya.

Sebelumnya Direktur Konsumer Bank BRI Handayani mengatakan Pemberian pinjaman bunga ringan ini merupakan salah satu upaya Bank BRI untuk membantu UMKM dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian dengan melakukan penilaian kebutuhan mitra Gojek.

"BRI memahami, pekerja harian dan pelaku UMKM khususnya mitra GoFood adalah salah satu pihak yang terkena imbas dalam kondisi penyebaran wabah seperti sekarang ini. Penyaluran KUR ini merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para driver dan pelaku UMKM," kata Handayani.

Berbagai program didorong juga oleh Gojek guna mendorong keberlanjutan usaha mitra GoFood, salah satunya mendorong demand untuk mitra merchant melalui HARKULNAS untuk mendukung stabilitas pendapatan mitra merchant. Program ini telah berlangsung 1 April hingga 5 May 2020, dan ada lebih dari 55.000 mitra mulai dari skala menengah hingga kecil mengikuti program in secara nasional.

Selain membantu peningkatan omset, secara bersamaan Gojek berkomitmen membantu juga pendapatan mitra drivernya. Gojek juga mendukung UMKM GoFood yang baru bergabung dengan PamerGoFoodku. Program ini ditujukan untuk memotivasi merchant baru untuk membangun channel marketing sendiri melalui sosmed. Salah satu tugas utama bagi merchant baru adalah publikasi resto online mereka.

Andre mengatakan Gojek juga berupaya menyiapkan simple deeplink yang tinggal di masukan merchants di sosmed mereka dan akan langsung mendirect users ke gofood apps mereka sehingga bisa mengkonversi publikasi menjadi pembelian. Kompetisi pamer GoFoodku di sosmed berhadiah total Rp 1 Juta GoPay yang berlangsung 20 April - 17 Mei 2020.
(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading