PUBG Cs Bikin Tencent Kebal Covid-19, Hasilkan Cuan Rp 79 T

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
14 May 2020 18:32
INFOGRAFIS, PUBG Bisa Rugikan Negara
Jakarta, CNBC Indonesia - Game Online seperti PUBG Mobile dan Honor of Kings membuat Tencent kebal virus corona Covid-19. Buktinya, pendapatan perusahaan dari bisnis video game pada kuartal I-2020 mencapai 5,26 miliar (Rp 78,9 triliun) meningkat 31% dari tahun sebelumnya.

Pendapatan dari game online setara dengan sepertiga dari pendapatan keseluruhan. Peningkatan ini tak lepas dari banyaknya orang yang memilih untuk bermain game online untuk mengusir rasa bosan selama mengurung di rumah di tengah wabah corona.


Menurut lembaga riset Sensor Tower, PUBG Mobile dan Honor of Kings jadi game dengan pendapatan tertinggi secara global di bulan Maret 2020. Pembelian dalam game seperti power Up dan skin di game PUBG Mobile melonjak lebih dari tiga kali lipat menjadi US$232 juta.

Chief strategis Officer Tencent James Mitchell mengatakan virus corona telah meningkatkan kesadaran dunia bisnis akan kebutuhan online dan Tencent berhasil memenuhi kebutuhan tersebut.

"Ini adalah tren ketika Tencent beralih untuk lebih fokus melayani bisnis," ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14/5/2020).

INFOGRAFIS, PUBG Bisa Rugikan NegaraFoto: Infografis/PUBG Rugikan Negara/Edward Ricardo

Analis China Renaissance Alex Liu mengatakan lockdown tidak berlangsung selamanya, tetapi hingga akhir tahun pendapatan Tencent diprediksi akan tumbuh kuat apalagi ada game baru Dungeon dan Fighter Mobile.

"Pandemi mempercepat digitalisasi cara hidup masyarakat ... Tencent sangat matang dalam memonetisasi produknya," terang Liu.

Secara keseluruhan pendapatan Tencent pada kuartal I-2020 mencapai US$15,24 miliar atau tumbuh 26% dari tahun sebelumnya. Laba bersih tumbuh 6% menjadi 28,9 miliar di atas prediksi para analis.

Namun, Presiden Tencent Martin Liu mengingatkan konsumsi game sudah kembali normal setelah berakhirnya liburan 1 Mei dan orang sudah kembali bekerja.


[Gambas:Video CNBC]






Artikel Selanjutnya

Main PUBG & Mobile Legends Cs? RI Bisa Rugi Triliunan Rupiah


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading