Ada Pelatihan Ojol, Ini yang Kamu Dapat dari Kartu Prakerja

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
17 April 2020 15:50
Konsep Utama Kartu Prakerja Pelatihan Bagi Angkatan Kerja
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah membuka pendaftaran untuk program Kartu Prakerja sejak 11 April dan telah meloloskan 200 ribu peserta untuk gelombang tahap 1 ini.

Setiap penerima Kartu Prakerja mendapatkan paket manfaat total senilai Rp 3,55 juta, yang terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta yang dapat dipergunakan untuk membeli satu atau lebih pelatihan di mitra platform digital.

Sampai saat ini ada ada delapan mitra yang ditunjuk pemerintah sebagai penyelenggara pelatihan Kartu Pekerja. Yakni Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan 7 startup asal Indonesia : Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, MauBelajarApa, Ruangguru, dan Sekolahmu.


Contoh pelatihan yang ditawarkan melalui Sekolah.mu (prakerja.sekolah.mu) adalah pelatihan wawancara kerja berbahasa Inggris dibanderol seharga Rp 850.000. Harga sudah dikenakan diskon dari harga awal yang sebesar Rp 1.500.000.


"Pelatihan wawancara kerja dengan pendekatan komunikatif dan role play. Durasi 6 unit, materi e-pdf powerpoint slide, live coach via zoom  dan video atau audio tutorial," tulis keterangan program.

Ada juga untuk untuk program lain, seperti Facebook Marketing for Business dibanderol seharga Rp 990.000 dengan harga awal Rp. 1,5 juta. Melalui pelatihan ini, Facebook Marketing for Business, Peserta akan dibimbing untuk membuat halaman Facebook dan lebih efektif mempromosikan produk/jasa menggunakan facebook.

Sedangkan pada layanan Skillacademy milik Ruangguru, terdapat Paket Pelatihan Ojek Online seharga Rp 1 juta, yang didiskon dari harga asli Rp 3,82 juta. 

Paket tersebut terdiri atas Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Pekerja Harian Lepas dengan harga Rp 100.000, Pelatihan Customer Service: Menguasai Teknik Pelayanan dengan harga Rp 200.000, dan Percakapan Bahasa Inggris Dasar Rp 100.000.

Kemudian ada juga Pelatihan Teknik Pengelola Stres Agar Kerja Bisa Lebih Produktif Rp 200.000. Yang di dalam paket tersebut juga ada Pelatihan Manajemen Waktu Agar Kerja Lebih Produktif Rp 200.000 dan Tenang di Hari Tua, Siapkan Dana Pensiun dari Sekarang Rp 200.000. 

Dikatakan pada halaman websitenya, hampir seluruh kelas tersebut diisi oleh trainer dari Ruangguru maupun dari SkillAcademy.

Adapun pelatihan dari mitra lainnya yaitu maubelajarapa.com, meliputi Webinar Belajar Membuat Kroket Ayam Keju yang dihargai Rp 400.000 yang diberikan oleh Baking World, Paket Webminar Belajar Mengenai Google Ads dan Google Analytics Rp 450.000 hingga Paket 4 sesi Webminar Belajar Menciptakan Pelayanan Unggul untuk Mencapai Kepuasan Pelanggan yang diadakan oleh Paradigm.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading