Trump Setop Pendanaan ke WHO, Bill Gates: Berbahaya

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
15 April 2020 16:22
Bill Gates Kunjungan ke Indonesia
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft Bill Gates ikut berkomentar atas keputusan Presiden Donald Trump yang menghentikan sementara pendanaan ke World Health Organization (WHO). Ini menggambarkan kebijakan sebagai sesuatu yang "berbahaya".

Pendapatnya ini disampaikan Bill Gates melalui akun twitter resminya @BillGates. Menurutnya saat ini dunia sangat membutuhkan WHO untuk memerangi virus corona Covid-19 yang telah menyebar ke hampir seluruh negara di dunia.


"Menghentikan pendanaan untuk World Health Organization selama krisis kesehatan dunia ini sama berbahayanya dengan suaranya. Pekerjaan mereka memperlambat penyebaran COVID-19 dan jika pekerjaan itu dihentikan tidak ada organisasi lain yang bisa menggantikannya. Kebutuhan dunia pada WHO sekarang lebih dari sebelumnya," cuit Bill Gates seperti dilansir Rabu (15/4/2020).

Pada Selasa (14/4/2020), Presiden AS Donald Trump menghentikan pendanaan untuk WHO. Ia menyebut WHO melakukan kesalahan karena mendorong informasi yang salah mengenai Covid-19.



Menurut Trump, kesalahan WHO adalah ketika awal virus merebak WHO menyebut virus tidak menular dan tidak perlu larangan perjalanan. Trump mengkritik keputusan WHO yang menentang pembatasan perjalanan dari China sebagai hal berbahaya.

Trump yang menggunakan frase "virus China" untuk menggambarkan corona ini merasa WHO gagal dalam memberikan informasi mengenai pandemi ini secara tepat dan transparan. Lebih lanjut, pemerintahan Trump akan melakukan penyelidikan "menyeluruh" dan akan berlangsung 60 hingga 90 hari.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading