Ini Tips Bikin Masker Kain Anti Corona dari Ahlinya

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
15 April 2020 10:58
Seorang anak perempuan mengenakan masker buatan sendiri/AP Photo
Jakarta, CNBC Indonesia - Masker kain bisa menjadi solusi bagi masyarakat untuk melawan penyebaran virus corona Covid-19. Para ahli pun memberikan tips untuk membuat masker kain.

Masker kain diperuntukkan bagi masyarakat umum, sementara masker kesehatan bagi tenaga kesehatan yang berperang di garis depan melawan virus corona, yang hingga kini belum ditemukan vaksinnya.


Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Prof. drh. Wiku Adisasmito M.Sc, Ph.D mengatakan, penggunaan masker sebenarnya bertujuan untuk melindungi orang lain, agar tidak tertular.


"Sebab kalau kita sudah ada virus, ya virusnya akan tetap ada. Artinya kita melindungi orang lain agar tidak tertular," ujarnya saat konferensi pers di Kantor BNPB, Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Penggunaan masker kain disarankan dan bisa dibuat sendiri. Menurutnya masker kain yang direkomendasikan adalah yang berbahan katun berlapis tiga. Perhatikan ukuran masker jika memang ingin membuat sendiri.

"Masker kain yang direkomendasikan adalah bahan katun berlapis 3 bisa dijahit sendiri. Bisa menutup hidung, dagu dan ke pipi," terangnya.

Dia menambahkan, masker ini bukan satu-satunya cara dalam memutus rantai virus. Ada banyak cara lain yang harus dilakukan guna memutus mata ranti virus dan tidak menular lebih banyak orang.

"Cuci tangan dan jaga jarak juga sebagai cara memutus [mata rantai penyebaran virus corona]. Termasuk juga jangan bepergian," pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading