Setop Pendanaan ke WHO, Trump Dikritik Sekjen PBB

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
15 April 2020 10:39
pbb
Jakarta, CNBC Indonesia - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres angkat suara soal keputusan Presiden AS Donald Trump yang menangguhkan sementara pendanaan kepada World Health Organization (WHO).

"Ini bukan waktunya untuk menghentikan sumber dana untuk operasi WHO atau organisasi kemanusiaan lainnya yang berperang melawan virus," ujarnya seperti dilansir dari Reuters, Rabu (15/4/2020).


"Sekarang waktunya bagi seluruh komunitas internasional untuk bersatu dalam solidaritas untuk menghentikan virus ini dan dampak buruknya."


Sebelumnya, Trump memerintahkan bawahannya untuk menghentikan sementara pendanaan ke WHO karena dianggap organisasi kesehatan ini melakukan kesalahan karena mendorong informasi yang salah tentang virus corona (COVID-19).

Dalam pernyataannya, Trump menggunakan frase "virus China" untuk menggambarkan corona. Menurutnya kesalahan WHO sejak awal adalah menyebut virus tidak menular dan tidak perlu larangan perjalanan.

"Hari ini saya menginstruksikan administrasi untuk menghentikan pendanaan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sementara ulasan dilakukan untuk menilai peran WHO dalam salah mengelola dan menutupi penyebaran virus corona," kata Trump dalam konferensi pers Gedung Putih, Selasa (14/4/2020), dikutip dari CNBC Internasional.

Trump mengkritik keputusan WHO yang menentang pembatasan perjalanan dari China sebagai hal berbahaya. "Untungnya, saya tidak yakin dan menunda perjalanan dari China menyelamatkan banyak nyawa," lanjut Trump.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading