Trump & Elon Musk Yakin Obat Ini Bisa Bunuh Corona, Apa Itu?

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
20 March 2020 16:39
Trump & Elon Musk Yakin Obat Ini Bisa Bunuh Corona, Apa Itu?
Jakarta, CNBC Indonesia - CEO SpaceX, Elon Musk dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump sama-sama sedang menggembar-gemborkan obat bernama chloroquine yang mereka anggap sebagai obat yang menjanjikan untuk membunuh virus corona COVID-19.

Pada akun Twitternya, Elon Musk tidak sungkan untuk memberikan pernyataan  bahwa obat chloroquine mungkin layak dipertimbangkan sebagai pengobatan potensial untuk menangkal virus corona.


Sedangkan, Donald Trump, juga mengatakan ia telah mengarahkan departemen makanan dan obat-obatan untuk menyelidiki apakah klorokuin, produk untuk pengobatan malaria bisa digunakan bagi penyembuhan pasien Covid-19.


Dilansir dari CNBC International, (20/3/2020), chloroquine sendiri merupakan obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati malaria yang sudah digunakan sejak 1940-an.


Walau malaria disebabkan oleh parasit, bukan virus, beberapa penelitian telah menemukan bahwa chloroquine telah efektif dalam mengobati virus yang menyebabkan sindrom pernapasan akut, atau SARS, yang mirip dengan virust COVID-19.

Chloroquine Ini juga sedang dipelajari di laboratorium penelitian di seluruh dunia sebagai cara untuk mengurangi gejala untuk pasien yang didiagnosis dengan COVID-19.

"Telah ditemukan pada tikus yang efektif untuk mengobati berbagai virus," kata Dr. Kristian Olson, seorang profesor di Harvard Medical School dan dokter penyakit dalam di Massachusetts General Hospital. "Tampaknya juga aktif in vitro (melalui percobaan tabung reaksi) melawan COVID-19."

Beberapa data awal terkait chloroquine cukup menjanjikan. Sekelompok peneliti di Perancis sedang menguji turunan  dari obat chloroquine yang disebut hydroxychloroquine pada beberapa lusin pasien positif COVID-19, dan laporan awal uji coba menunjukkan bahwa obat tersebut dapat membantu mempersingkat jumlah waktu orang untuk menular.

Trump & Elon Musk Yakin Obat Ini Bisa Bunuh Corona, Apa Itu?Foto: Viruc Corona Covid-19 dilihat dari mikroskop (Ist)

Karena tanda-tanda awal ini, beberapa ahli biotek mengatakan ada gunanya memasukkan lebih banyak dana penelitian untuk mempelajari obat ini.

"Saya tidak melihat kesediaan Trump untuk menguji obat sebagai respons panik," kata Vas Bailey, seorang investor yang berfokus pada ilmu kehidupan dari Fakultas Kedokteran Johns Hopkins. 

"Ini bisa menjadi cara yang berpotensi efisien menggunakan bukti dunia nyata untuk membantu kita menentukan obat mana yang aman ini akan bekerja dalam mengurangi gejala dan mengobati COVID-19," tambahnya.

Namun masalahnya, menurut Dr. Kristian Olson, pengetahuan tentang obat chloroquine yang dapat membunuh virus corona dinilai masih kurang. Banyak beberapa variabel efek samping dari chloroquine yang harus dipertimbangkan.

Seperti, pekerjaan lebih lanjut yang diperlukan untuk memahami apakah obat mengurangi waktu rumah sakit dan tingkat kematian, dan apakah itu berdampak pada penggunaan ventilasi. Ada juga beberapa variabel yang tidak diketahui tentang kapan, bagaimana dan kepada siapa obat itu harus diberikan.

"Apa yang saya tidak tahu, dan saya pikir tidak ada yang tahu adalah tingkat aktivitas anti-virus dan jika itu dapat digunakan untuk mengobati pasien yang paling kritis," kata Olson. "Kami juga masih tidak mengerti pengobatan dosis optimal untuk covid-19, dan apakah itu dapat digunakan pada dosis yang lebih rendah untuk profilaksis (artinya mengambil pencegahan) daripada untuk pengobatan."

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading