Ini Prediksi Bill Gates Soal Kapan Vaksin Corona Ditemukan

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
20 March 2020 10:11
Pendiri Microsoft, Bill Gates memprediksi bahwa vaksin yang bisa menyembuhkan virus corona akan siap hadir dalam kurun waktu 18 bulan ke depan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft, Bill Gates memprediksi bahwa vaksin yang bisa menyembuhkan virus corona COVID-19 akan siap hadir dalam kurun waktu 18 bulan ke depan. 

Dilansir dari Business Insider, (20/3/2020), hal tersebut ia kemukakan pada sesi tanya jawab Asking Me Everything dalam forum komunitas Reddit.

"Vaksin pertama yang kami dapatkan akan diberikan kepada petugas kesehatan dan pekerja kritis," tulisnya. "Ini bisa terjadi sebelum 18 bulan jika semuanya berjalan dengan baik."


Bill Gates mengakui bahwa prediksinya ini sejalan dengan Kepala Bagian Penyakit Menular National Institutes of Health, Anthony Fauci yang pernah mengatakan kepada wartawan bahwa prosesnya penemuan vaksin akan memakan waktu 12 hingga 18 bulan.


"Kami dan [Institut Nasional Alergi dan Penyakit Infeksi Direktur Anthony] Fauci dan yang lainnya berhati-hati untuk tidak menjanjikan hal ini ketika kami tidak yakin. Pekerjaan berjalan dengan kecepatan penuh," tulis Gates, seperti dilansir dari The Hill, (20/3/2020).

Yayasan milik Bill Gates yakni Bill & Melinda Gates adalah salah satu pendukung Koalisi untuk Kesiapsiagaan Epidemi Inovasi, sebuah kelompok yang menyediakan dana bagi para ilmuwan yang bekerja pada vaksin virus corona baru.

Selain itu, Gates juga membagikan surat yang ditulisnya pada  2015 yang merinci Amerika Serikat tidak siap menghadapi epidemi berikutnya. Pada saat itu, lebih dari 10 ribu orang telah tewas dalam wabah Ebola di Afrika Barat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan jumlah vaksin memadai tidak tersedia hingga puncak penularan Ebola.

"Apa yang telah saya pelajari sangat menyadarkan. Separah-parahnya epidemi ini [Ebola], yang berikutnya bisa jauh lebih buruk. Dunia sama sekali tidak siap menghadapi penyakit misalnya  flu khusus yang ganas yang menjangkiti banyak orang dengan sangat cepat," kata Gates.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading