Bill Gates Ungkap Cara Menaklukkan Corona dalam 2 Bulan

Tech - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
20 March 2020 06:58
Pendiri Microsoft Bill Gates mengungkapkan ada 2 cara menaklukan corona dalam 2 bulan.
Jakarta, CNBC IndonesiaVirus corona COVID-19 kini menjadi momok yang paling ditakuti di dunia. Virus ini dengan cepat menyebar ke banyak negara di dunia. Pendiri Microsoft Bill Gates mengungkapkan ada 2 cara menaklukan corona dalam 2 bulan.

Dalam sebuah sesi Ask Me Everything di media sosial Reddit, Bill Gates ditanya prediksi kapan virus corona akan berakhir. Bill Gates memprediksi jumlah kasus pasien corona bisa ditekan secara signifikan dalam beberapa minggu. Asal pemerintah menerapkan dua hal.


Pertama, melakukan test atau pengujian secara massal pada warganya. Kedua, mengambil kebijakan 'shutdown'.


"Jika suatu negara melakukan pekerjaannya dengan baik, dengan pengujian dan 'shutdown' dalam 6-10 minggu mereka akan melihat jumlah kasus yang berkurang banyak dan bisa kembali membuka negaranya," ujar Bill Gates seperti dilansir dari CNBC International, Kamis (19/3/2020).

Bill Gates kemudian menjelaskan maksud pernyataannya soal 'shut down'.

"Saat ini fase di mana banyak kasus terjadi di negara-negara kaya. Dengan tindakan yang tepat termasuk pengujian dan social distancing (yang saya sebut 'ditutup') dalam 2-3 bulan, negara-negara kaya seharusnya dapat terhindar dari infeksi tingkat tinggi, "tulis Bill Gates.

"Saya khawatir tentang semua kerusakan ekonomi tetapi yang lebih buruk adalah bagaimana ini akan mempengaruhi negara-negara berkembang yang tidak dapat melakukan social distancing dengan cara yang sama seperti negara-negara kaya dan yang kapasitas rumah sakitnya jauh lebih rendah."

Social distancing merupakan strategi kesehatan publik yang direkomendasikan publik untuk mencengah, melacak dan menghambat penyebaran virus. Caranya dengan menjaga jarak dengan mereka yang sedang sakit dan tidak mendekati atau menghadiri pertemuan dengan jumlah peserta banyak.

Bill Gates melalui yayasan Bill and Melinda Gates Fondation memang cukup aktif memerangi virus corona. Lembaga nirlaba ini telah menyumbangkan US$120 juta untuk memerangi corona di seluruh dunia.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading