Pakai QRIS, Belanja di Luar Negeri Tinggal Scan

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
11 March 2020 18:13
Bank Indonesia (BI) memiliki upaya agar pembayaran digital bisa dipakai di luar negeri melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) memiliki upaya agar pembayaran digital bisa dipakai di luar negeri melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Hal ini terus dikembangkan secara bertahap.

Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta mengatakan kalau QRIS akan bisa digunakan dalam transaksi cross border inbound dan cross border outbond.


Dengan begitu, aplikasi pembayaran non tunai di luar negeri tak hanya akan bisa digunakan di dalam negeri namun di masa mendatang, QRIS pun akan dapat dipakai di luar negeri.


"Cross border inbound, jadi kita akan menarik TKI untuk tidak susah payah kalo transfer dia cukup memakai QRIS dan juga wisatawan asing dia juga bisa pake QRIS," kata Filianingsih, di Hotel Indonesia Kempinski, (11/3/2020).

Sedangkan cross border outbound dikembangkan dalam rangka menyasar WNI yang melaksanakan ibadah haji ke Arab Saudi serta melakukan perjalanan wisata ke luar negeri.

"Kalau kita keluar negeri kita tidak perlu lagi bawa duit, bisa pakai QRIS. Nah utamanya jemaah haji, gak perlu lagi menukar rupiah dengan riyal tetapi bisa pakai QRIS. Jadi pemerintah kita tidak perlu lagi impor riyal lagi ya," jelasnya.

Dalam perkembangan QRIS agar bisa digunakan di luar negeri. Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan bahwa BI sedang mengusahakan QRIS bisa dipakai di Thailand.

"Kita dalam proses dalam menyambungkan dengan QR Thailand standar. Ini yang sedang kita bicarakan," kata Perry.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading