QRIS Berlaku Penuh, Bayar Tol sampai Toilet Umum Tinggal Scan

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
11 January 2020 14:34
BI mengatakan, pihaknya berencana untuk memperluas penggunaan QR Code Indonesia Standard (QRIS). Mulai dari tol, pedagang keliling, sampai toilet umum.
Makassar, CNBC Indonesia - Bank Indonesia mengatakan, pihaknya berencana untuk memperluas penggunaan QR Code Indonesia Standard (QRIS). Mulai dari tol, pedagang keliling, sampai toilet umum.

Deputi Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran, Ricky Satria mengatakan sejak QRIS diluncurkan pada 17 Agustus 2019, sampai saat ini sudah ada 1,7 pedagang yang melayani penjualannya melelalui sistem QRIS.


Dari 1,7 pedagang, kata Ricky paling banyak berada di warung-warung kecil dan pasar tradisional.
"Untuk penggunaan QRIS ini memang kita [Bank Indonesia] ingin mengejar lebih dulu yang merchant-merchant kecil," ujar Ricky di Makassar, Sabtu (11/1/2020).


Lebih lanjut Ricky menjelaskan pedagang-pedagang kecil yang dimaksud merupakan pedagang-pedagang yang berjualan di pasar dan para pedagang keliling. Bahkan beberapa toilet umum juga sudah mulai menerapkan QRIS ini.

"QRIS ini beberapa sudah diterapkan di toilet-toilet umum, bahkan beberapa stalink (starbuck keliling) sudah pakai," kata Ricky.

Ke depannya, Bank Indonesia akan menyasar penggunaan QRIS untuk penggunaan di tol, sampai transportasi umum seperti trans jakarta dan commuter line.

"Sbetulnya bukan hanya tol, tapi juga transportasi kita coba. Kapannya saya belum bisa kasih kepastian.  Tapi kita lagi nyobain, yang paling cocok efisien itu yg mana. Ini baru yang keluar speknya seperti apa dan, itu kompleks banget," ujarnya.

Untuk dikettahui,  sebagai respon atas dinamika dalam era digitalisasi, pada tanggal 17 Agustus 2019 bertepatan dengan hari Kemerdekaan, Bank Indonesia meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesia Standard (QRIS).

Mengawali tahun 2020, Bank Indonesia Sulawesi Selatan berinisiatif mendorong implementasi QRIS, yang telah berlaku efektif sejak 1 Januari 2020, secara inklusif dan menyeluruh melalui kegiatan Kawasan Timur Indonesia Digital Festival 2020 (KTI DIGIFEST 2020).

Melalui kegiatan KTI DIGIFEST 2020 Bank Indonesia berharap dapat mendorong implementasi QRIS namun juga pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan menghubungkan banyak pihak melalui interkoneksi antar pelaku ekonomi serta interkoneksi antar instrumen keuangan (tabungan, uang elektronik, kartu debet, dan kartu kredit).

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading