Webinar CNBC Indonesia

BI: QRIS Made in RI Bisa Digunakan di Jepang sampai Thailand

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti & Yuni Astutik, CNBC Indonesia
03 September 2020 10:24
Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta (Tangkapan Layar Webinar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) bakal terus mengembangkan QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard sampai ke tingkat internasional. Nantinya, akan banyak inovasi yang bakal dikembangkan BI.

"QRIS ini salah satu sebagai game changer, dan first mover. Sekarang semua aplikasi mobile banking bisa menggunakan QRIS ini inovasi yang mengembangkan tatap muka tapi juga tanpa tatap muka," ungkap Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta.

Ia menyampaikan hal ini dalam Webinar CNBC Indonesia bertajuk "Sistem Pembayaran Digital Jadi Jurus Ampuh Saat Pandemi Covid-19 & Masa Depan", Kamis (3/9/2020).


Menurut Filianingsih, tahap pertama, BI akan melakukan pengembangan di domestik yang saat ini sudah dilakukan. Setelahnya atau tahap kedua, maka BI akan berkerja sama dengan bank sentral negara lain.

"Kita sudah lakukan diskusi, yakni dengan bank sentral Saudi, Jepang, Thailand, artinya QR mereka bisa dibaca di Indonesia, dan kemudian QR kita bisa dipakai di sana," tutur Filianingsih.

Saat ini, sambung Filianingsih, sudah 4,5 juta pengguna QRIS. Dan 86% digunakan oleh merchant kecil dan mikro. "Keunggulan QRIS ini kan merchant tidak perlu menyiapkan uang kembalian. Transaksi bisa dilakukan cepat, dan tercatat dan bisa digunakan untuk credit scoring," terangnya.

[Gambas:Video CNBC]




(dru/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading