Bos BI Jabarkan Alasan Ekonomi Digital Masa Depan RI

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
11 March 2020 14:44
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkan ekonomi digital akan menjadi sektor yang berkontribusi besar bagi ekonomi Indonesia di masa depan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkanĀ ekonomi digital akan menjadi sektor yang berkontribusi besar bagi ekonomi Indonesia di masa depan.

Ada empat alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi. Pertama, 94,3 juta UMKM di Indonesia belum betul-betul tergarap dan akan bisa dioptimalkan dengan digitalisasi.

"Jangan puas hanya memasukkan mereka ke sektor keuangan. Targetnya adalah inklusi ekonomi dan haru menjadi outcome yang ingin kita cari. Bagaimana mereka dikembangkan dari sumber-sumber ritel, tidak hanya bisnis, lapangan kerja dan sektor lainnya," ujarnya di Jakarta, Rabu (11/3/2020).


Kedua, dunia berubah. 55% populasi Indonesia adalah milenial di mana mereka akan menjadi semakin dewasa dan semakin kaya. Generasi ini ingin makan tapi di kamar tidur. Milenial generasi yang punya komunitas untuk membangun usaha.

"Mereka tidak biasa menjadi pegawai negeri. Mereka meng-create bisnis. Ini lah sumber startup, yang dapat mengkolaborasi untuk membangun ekonomi digital Indonesia," terangnya.

Ketiga, digital/teknologi platform sangat cepat dan sangat mudah meskipun perlu investasi besar. Digital mempermudah kreatif model. Keempat, garis kebijakan Presiden Joko Widodo yang mendorong UMKM menjadi korporasi melalui technically upgrading digital.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading