Takluk di India, Uber Jual Bisnis Uber Eats ke Zomato

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
21 January 2020 12:13
Pioner bisnis ride-hailing Uber Technologies mundur dari pasar pengiriman makanan (food delivery) India. Unit bisnis UberEats dijual ke pesaingnya Zomato.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pioner bisnis ride-hailing Uber Technologies mundur dari pasar pengiriman makanan (food delivery) India. Unit bisnis UberEats dijual ke pesaingnya Zomato.

Uber menjual Uber Eats India dengan menukarnya menjadi 9,99% saham Zomato. Langkah ini membuat Zomato dan Swiggy akan berkompetisi ketat menjadi penguasa pasar pengiriman makanan di India.

Di India, pasar ride-hailing dikuasai Uber. Tetapi di pasar pengiriman makan Uber harus bersaing ketat dengan Zomato dan Swiggy, yang merupakan pemain lokal, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (21/1/2020).


Zomato merupakan startup yang didukung oleh Alibaba Group. Saat ini valuasinya diperkirakan mencapai US$3 miliar atau sudah menyandang status sebagai unicorn.

Uber Eats akan setop beroperasi di India dan mitra restoran dan pengiriman makan serta penggunanya akan dialihkan ke platform Zomato mulai Kamis (23/1/2020) ini.

"India masih tetap pasar peting bagi Uber dan kami akan melanjutkan investasi untuk mengembangkan bisnis transportasi lokal kami," ujar CEO Uber Dara Khosrowshahi.

Manajemen Uber menjanjikan kepada investornya, perusahaan teknologi ini akan mencatatkan untung pada akhir 2021. Uber telah melakukan efisiensi dengan memangkas lebih dari 1.000 karyawan pada 2019.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

'Perang' Masa Depan Grab & Gojek: GrabFood Vs GoFood


(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading