Ikut GrabFood, Omzet UMKM Ini Melesat 40%

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
12 January 2020 17:36
Ikut GrabFood, Omzet UMKM Ini Melesat 40% Foto: Anita, salah satu pemilik usaha yang bergabung dengan Grab Food. (Dok. Grab)
Jakarta, CNBC Indonesia - Peluang bisnis selalu ada, bahkan bisa terus meningkat dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satunya dengan memanfaatkan GrabFood sebagai layanan pesan antar.

Hal ini dirasakan oleh Steven dan Anita, sepasang kekasih yang memutuskan untuk mendirikan Zeribowl, hidangan pencuci mulut, yang berlokasi di Medan.

"Awalnya memang nggak sengaja, hanya mengisi event. Setelah dicoba saat bazaar, responnya bagus, jadinya berlanjut," kata Steven mengutip situs resmi Grab, di Jakarta, Jumat (10/1/2020).


Guna memperluas jangkauan pasar, keduanya memutuskan bergabung dengan GrabFood. Pilihan diperkuat karena Zeribowl memang cocok dipasarkan secara pesan-antar, dibanding makan di tempat. Awalnya, usaha ini dikerjakan sendiri, sampai ke proses pengantaran ke pelanggan. "Saya ikut mengantar karena kurir hanya satu, pasti tak bisa memenuhi permintaan," katanya.


Awalnya, setiap hari mereka menerima hingga 70 porsi. Jauh dari jumlah porsi yang terjual saat ini. Angka tersebut menurutnya langsung melonjak setelah bergabung dengan GrabFood. Per harinya, mereka bisa menerima pesanan hingga 300 porsi untuk 1 outlet.

"Saat ini sudah ada 8 outlet. Saat ini penjualan mayoritas melalui online, yang datang ke outlet hanya 20%," jelasnya.

Menurutnya, bergabung dengan GrabFood merupakan pilihan tepat karena omset Zeribowl meningkat hingga 40%. Bergabung dengan GrabFood membuat keduanya bisa mendapat pembeli baru, karena jangkauan pengantaran juga menjadi luas.

"Kami juga sering bertanya dengan mitra pengemudi GrabFood yang mengantarkan pesanan untuk mengetahui tujuan pengantaran, data tersebut kami jadikan acuan untuk setiap membuka outlet baru," ujarnya.

Steven mengatakan ke depan targetnya adalah mengembangkan Zeribowl untuk menjangkau kota-kota lain di Indonesia. Selain memperkuat dominasi mereka di Medan, tentu juga terus memperbarui menu yang unik. Dia berharap dapat terus memperbesar jangkauan dengan bekerja sama dengan GrabFood di kota-kota lainnya.

"Kami inginnya kerja sama dengan GrabFood langgeng terus, senang karena tim dari GrabFood juga perhatian ke kami," ujarnya.


Steven mengatakan perkembangan Zeribowl sampai di titik sekarang ini memang tidak terlepas dari dukungan GrabFood. Grab selalu memberikan perhatian setiap kali ada event untuk mitra GrabFood. Keduanya berharap ke depan GrabFood memberikan dukungan kepada mitranya untuk terus berkembang dari hari ke hari.

"Selain keuntungan yang semakin meningkat, dampak positif bergabung dengan Grabfood yang paling kami rasakan adalah kemudahan untuk menyapa pelanggan setia kami," pungkasnya. (dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading