Asa Merchant GrabFood di Tengah Perang Lawan Corona

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
28 March 2020 14:40
Mitra merchant Grab Food meningkatkan prosedur kesehatan dan kebersihan di tengah menyebarnya virus corona atau COVID-19
Jakarta, CNBC Indonesia- Mitra merchant GrabFood meningkatkan prosedur kesehatan dan kebersihan di tengah menyebarnya virus corona atau COVID-19. Peningkatan prosedur ini dilakukan oleh merchant Grab Food di Surabaya, Jawa Timur, yakni Crunchaus.

Pemilik restoran Budi Haryono (37) di tengah kondisi ini penjualan memang menurun, namun Crunchaus tetap buka dan justru meningkatkan pelayanannya. Sebagai restoran yang mengusung konsep makanan sehat, standar kesehatan yang ketat sudah ditetapkan sejak awal restoran ini berdiri terutama dalam menyiapkan menu pesanan.

"Semua karyawan harus mencuci tangan dan menggunakan sarung tangan sebelum memproses pesanan pelanggan. Namun sekarang, seiring dengan pandemi yang terjadi, prosedur itu dibuat jauh lebih ketat," kata Budi, Jumat (27/03/2020).


Crunchaus juga menerapkan temperature check kepada kru dan meningkatkan frekuensi cuci tangan, serta memakai sarung tangan. Pengukuran suhu ini juga berlaku pada mitra pengantar Grab Food, untuk memastikan mereka dalam kondisi kesehatan yang baik dan mencegah potensi penyebaran virus.


Untuk pengunjung yang makan ditempat pun tetap diberlakukan social distancing, dengan cara memesan terlebih dahulu melalui WhatsApp. Hal ini untuk memudahkan kru mempersiapkan pesanan dan membuat mereka tidak perlu mengantri.

"Pelanggan bisa order dulu menggunakan WhatsApp, ini tujuannya untuk meminimalkan waiting time, sehingga mengurangi antrean dan menjaga jarak aman sosial," terang Budi.

Asa Merchant GrabFood di Tengah Perang Lawan CoronaFoto: Dok: Grab

Dia menerapkan prosedur yang ketat itu di seluruh gerai Crunchaus miliknya. Adapun saat ini di Surabaya, Budi memiliki total 10 gerai yang tersebar di berbagai lokasi dan 3 gerai lain berada di Jakarta.

Sebelumnya, Grab Indonesia meningkatkan standar keamanan untuk layanan pesan antar makanan dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19. Peningkatan keamanan ini dilakukan melalui "Kartu Keterangan Pengiriman Grab Food" yang dimulai pekan ini.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan Grab Food bekerja sama dengan mitra merchant untuk meningkatkan standar prosedur penyiapan makanan untuk memastikan keamanan dan kebersihan.


Hal ini termasuk dengan mengisi 'Kartu Keterangan Pengiriman GrabFood', melakukan pemeriksaan suhu tubuh secara rutin kepada semua orang yang memasuki area restoran, meningkatkan frekuensi pembersihan area persiapan makanan dan lainnya.

"Di tengah pandemi COVID-19, layanan pesan-antar makanan telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat. Untuk menjaga serta meningkatkan kepercayaan pelanggan, penerapan prosedur keamanan dan kebersihan makanan yang lebih ketat memainkan peranan yang penting," kata dalam siaran resminya, Kamis (26/3/2020).

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Gerakan Jangan Lupa Makan, GrabFood Pecahkan Rekor MURI


(dob/dob)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading