Kisah Maddaremmeng, Mengaspal di Makassar di Tengah Corona

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
28 March 2020 13:52
Hingga saat ini, Driver Grab masih terus mengaspal di jalanan kota Makassar guna berjuang memenuhi kebutuhan hidupnya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Rasanya kurang tepat jika mitra GrabCar yang satu ini disebut nekat. Di adalah Maddaremmeng (40) yang hingga saat ini masih terus mengaspal di jalanan kota Makassar guna berjuang memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dia bercerita, walau situasi dianggap rawan, pria yang dulunya berprofesi sebagai pedagang bahan kebutuhan pokok ini tetap mengantarkan penumpang sampai ke tujuan. Namun, dia menyadari bahwa harus dilakukan sejumlah persiapan untuk mengurangi risiko.

Dia selalu mengenakan masker dan membawa cairan pembersih atau disinfektan. Selain itu, dia juga selalu mencari informasi mengenai zona merah, dan sebisa mungkin menghindari daerah tersebut. Zona merah yang dia maksud adalah daerah yang terdapat orang positif terinfeksi virus tersebut.


Menurutnya, upaya pencegahan tersebut dilakukannya setiap menjelang berangkat bekerja, juga setiap kali selesai menurunkan penumpang. Dengan cara demikian kebersihan kendaraannya selalu terjaga, sehingga dia dan penumpang dapat merasa lebih aman serta nyaman.


"Tidak selamanya fisik ini kuat. Ada masa dimana kita hanya butuh beristirahat di rumah. Makanya dari itu, selagi masih mampu, saya harus bekerja dan mengelola penghasilan saya dengan baik," ujarnya.

"Selalu saya bawa untuk persiapan. Ini saya semprot ke sela-sela tempat duduk, juga ke gagang pintu. Minggu lalu juga sudah ikut pembersihan dari kantor Grab dan juga disiapkan masker, vitamin dan desinfektan,"imbuhnya.

Tak bisa dipungkiri, Kota Makassar menjadi lebih sepi karena pandemi COVID-19. Jika mendapatkan penumpang, dengan sigap dia pasti akan mengantar sampai ke tempat tujuan.

"Keluarga masih mengizinkan saya nge-trip karena memang itu juga untuk memenuhi kebutuhan. Jumlah order sekarang memang menurun drastis, karena serba libur semua. Anak sekolah libur, orang yang ke kantor ke rumah sakit juga berkurang," kisahnya.
Foto: Kisah Maddaremmeng Merajut Asa di Tengah Pandemi COVID-19 (dok: Grab)

Maddaremmeng berharap situasi pandemi ini bisa cepat berakhir supaya semua semua orang bisa kembali bekerja dengan normal. Dia juga bercerita saat ini sedang merajut mimpi-mimpinya yang lain yaitu berinvestasi properti untuk menopang hidupnya dan keluarganya di masa tua.

Baginya, bergabung dengan Grab adalah salah satu hal yang patut disyukuri. Dulu ketika masih berdagang bahan kebutuhan pokok di pasar, Maddaremmeng menyisihkan sebagian hasilnya demi menabung. Keputusan berikutnya sangatlah berani. Uang hasil tabungan itu dipakainya untuk membeli mobil yang kemudian dijadikannya modal untuk bergabung dengan GrabCar. Kala itu, dia punya satu impian, yakni berangkat menunaikan ibadah haji atau umrah ke Tanah Suci.

Tanpa disangka impian itu dengan mudahnya terwujud. Baru berselang 6 bulan lamanya dia bergabung sebagai mitra pengemudi GrabCar, dia sudah bisa mencapai Tanah Suci. Lebih dari itu, atas dedikasinya terhadap profesinya sebagai driver, Maddaremmeng juga pernah meraih penghargaan dari Grab sebagai pengemudi dengan pelayanan prima.

Maddaremmeng adalah salah satu mitra GrabCar yang telah berhasil mewujudkan mimpinya dan kini tengah merajut mimpi-mimpi baru. Dia selalu bekerja dengan penuh semangat walau sekarang, sepertinya banyak orang lain, sedang berjuang melawan pandemi.


Kisah Maddaremmeng menjadi bukti bahwa Grab memang serius memerangi pandemi COVID-19 yang tak hanya menyerang Indonesia, tapi seluruh dunia. Grab melalui gerakan #KitaVSCorona yang diluncurkan di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Makassar serta wilayah lain di sekitarnya membagikan ribuan masker, hand sanitizer, dan menyemprotkan desinfektan pada kendaraan mitra pengemudi GrabBike serta GrabCar. Hal ini juga dilakukan kepada mitra pengantaran GrabFood serta GrabExpress.

Grab juga melakukan edukasi mengenai gaya hidup sehat dan pencegahan penyebaran COVID-19 melalui fitur GrabHealth. Sedangkan khusus untuk pengantaran GrabFood dan GrabExpress, telah diterapkan fitur pemesanan tanpa kontak sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan sekaligus mitra.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading