Miliuner Ini Bagikan Rp 125 M ke Followers Twitternya, Mau?

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
09 January 2020 11:05
Miliuner asal Jepang, Yusaku Maezawa, memberikan uang total US$ 9 juta (sekitar Rp125 miliar) kepada follower Twitter-nya dalam rangka
Jakarta, CNBC Indonesia - Pebisnis sekaligus miliarder asal Jepang, Yusaku Maezawa, memberikan uang total US$ 9 juta (sekitar Rp125 miliar) kepada follower Twitter-nya dalam rangka "eksperimen sosial". Ia ingin melihat apakah uang pemberian tersebut bisa meningkatkan kebahagiaan penerimanya.

Maezawa akan memberikan 1 juta yen kepada 1.000 pengikut yang dipilih secara acak dari mereka yang me-retweet postingan yang ia bagikan pada tanggal 1 Januari, dengan dampak uang yang akan dilacak melalui survei reguler.


"Ini adalah eksperimen sosial yang serius," kata Maezawa di YouTube, seraya menambahkan ia berharap dapat menarik minat akademisi dan ekonom, dikutip dari Reuters, (9/1/2020).


Maezawa sendiri merupakan penumpang pribadi pertama yang terbang ke bulan dengan SpaceX milik Elon Musk. Ia juga terkenal karena gaya hidup mewah dan tak ragu mengeluarkan banyak uang untuk mobil, seni dan olahraga. Ia juga dikenal memiliki ide-ide liar seperti dunia tanpa uang.

Dia mengaitkan pemberian itu dengan gagasan penghasilan dasar, atau teori tentang memberikan gaji tanpa ikatan secara berkala kepada semua warga negara, yang telah mendapatkan perhatian beberapa politisi dan didukung oleh kandidat presiden dari Partai Demokrat Amerika Serikat, Andrew Yang.

Miliuner Ini Bagikan Rp 125 M ke Follow Twitter, Tertarik?Foto: CEO SpaceX, Elon Musk berjabat tangan dengan miliarder Jepang Yusaku Maezawa selama konferensi pers penumpang pribadi SpaceX pertama (REUTERS/Gene Blevins)

"Dasar jumlah [hibah] minimum reguler yang menawarkan rasa aman yang ditawarkan Maezawa, sama sekali berbeda," kata Toshihiro Nagahama, ekonom senior di Dai-ichi Life Research Institute.

Maezawa mengatakan bahwa mengingat dia memiliki uang dan waktu luang untuk melakukan bagi-bagi bantuan uang, dia merasa perlu untuk mencoba dan menginspirasi debat yang lebih besar tentang manfaat teori ini di Jepang.

Gagasan tentang pendapatan dasar universal telah mendapatkan dukungan seiring dengan adanya ketakutan akan teknologi seperti kecerdasan buatan yang diprediksi akanmenghapus sejumlah besar pekerjaan.

"Tetapi kekhawatiran itu untuk saat ini kurang jelas di Jepang dengan pasar tenaga kerjanya yang ketat," kata Nagahama.

Perdebatan tentang pendapatan dasar muncul akibat ketidaksetaraan pendapatan terus tumbuh di Amerika Serikat. Di mana dalam beberapa tahun terakhir beberapa pengusaha terkaya, dari pendiri Microsoft Bill Gates hingga investor Warren Buffet, telah berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka.

Maezawa kini aktif memakai Youtube untuk mendokumentasikan kegiatannya seperti tur dengan jet pribadi, kunjungan ke tukang cukur untuk mewarnai rambut, hingga memperbarui buku rekening bank.

Pada November lalu, Maezawa baru saja mengantongidana US$ 900 juta melalui penjualan bisnis fashion online-nya, Zozo Inc, kepada SoftBank Group Corp.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading