Miliarder Ini Jual Kutipannya Sendiri Rp23 Juta

Tech - Savira Wardoyo, CNBC Indonesia
14 March 2021 12:21
Mark Cuban

Jakarta, CNBC Indonesia - Investor miliarder Mark Cuban menjual salah satu kutipan motivasinya sebagai token kripto atau non-fungible (NFT) mulai dari 1.700 dolar AS atau setara Rp 23,8 juta (kurs Rp 14.000/US$).

Token NFT yang dijual Cuban terdiri dari foto dirinya sendiri dengan kata-kata mutiara yang berbunyi "Nobody ever changed the world by doing what everyone else was doing - Mark Cuban". Ini artinya ""Tidak ada yang pernah mengubah dunia dengan melakukan apa yang dilakukan orang lain - Mark Cuban".


Selain kutipan tersebut, Cuban masih memiliki 10 NFT untuk dijual. Masing-masing dihargai hanya di bawah 0,96 Ether, cryptocurrency yang dibangun di atas blockchain Ethereum.

NFT pada dasarnya merupakan sertifikat kepemilikan dan keaslian digital, yang disimpan dengan aman di blockchain. Itu adalah token unik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak item digital.

Dengan kata lain, NFT adalah token cryptocurrency unik yang biasanya digunakan untuk jual beli karya seni digital, musik, atau film. Cuban mengenakan royalti 15% atas penjualan kedua NFT-nya.

Sebelumnya, Cuban telah melelang item lainnya di Mintable, sebuah pasar barang digital. Pertama, The UnderDog has spoken, video motivasi untuk Dallas Mavericks, dengan harga mendekati 2.300 dolar AS.

Kedua, "MavsSunsGameDayExperience," video hype berdurasi 30 detik yang menampilkan pemain memasukan bola basket yang bersinar. Baru-baru ini barang itu dijual seharga sekitar 0,75 ether atau lebih dari 1.300 dolar AS.

Hype atas NFT mencapai titik tertingginya pekan ini setelah ada 1 NFT laku terjual seharga US$ 69 juta dalam lelang Christie. Pembeli karya seni digital menggunakan nama samaran Metakovan dan menjalankan dana NFT disebut Metapurse.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading