Hacker Iran Bajak Situs AS, Tampilkan Wajah Trump yang Bonyok

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 January 2020 15:35
Sekelompok peretas yang mengklaim sebagai hacker dari Iran berhasil membajak situs agensi pemerintah AS pada Sabtu (4/1/2020).
Jakarta, CNBC Indonesia - Sekelompok peretas yang mengklaim sebagai hacker dari Iran berhasil membajak situs agensi pemerintah AS pada Sabtu (4/1/2020) dan menampilkan wajah Presiden Donald Trump yang mengeluarkan darah dan mendapatkan pukulan di wajah.

Website yang dibajak adalah The Federal Depository Library Program (FDLP). Hingga berita ini (6/1/2020) diturunkan situs ini (https://www.fdlp.gov/) masih down atau tak bisa diakses sementara konten foto tersebut sudah dicabut.

Mengutip Business Insider, hacker berhasil membajak situs ini dan mengganti tampilan depan dengan konten yang berisikan "Atas nama Tuhan dibajak oleh Iran Cyber Security Group Hackers. Ini hanya bagian kecil dari kemampuan siber Iran. Kami selalu siap."

Pesan lain yang disampaikan oleh para hacker ditujukan kepada Donald Trump yang telah memerintahkan serangan militer yang membuat Jenderal Iran Qasem Soleimani terbunuh.

"Dengan kepergiannya dan dengan kekuatan Tuhan, pekerjaan dan jalannya tidak akan berhenti dan balas dendam menanti para penjahat itu yang telah menodai tangan kotor mereka dengan darah para martir lainnya."


Juru Bicara The Federal Depository Library Program Gary Somerset mengkonfirmasi serangan hacker tersebut dan bekerja sama dengan otoritas yang berwenang untuk menindak lanjuti serangan tersebut.

Juru bicara Department of Homeland Security Sara Sendek mengungkapkan belum ada konfirmasi bahwa aksi ini dilakukan oleh para aktor yang disponsori oleh Iran.

"Situs web tersebut sedang offline dan tidak dapat lagi diakses. Kami memantau situasi FDLP dan mitra federal kami."

Informasi saja, pada Jumat (3/1/2020), serangan militer Amerika Serikat (AS) di Bandara Internasional Baghdad. Serangan ini membuat pemimpin militer Iran Jenderal Qasem Soleimani terbunuh.

Jenderal Karismatik ini terbunuh dalam sebuah serangan menggunakan drone MQ-9 Reaper. Drone ini terbang nyaris tanpa suara dan meluncurkan misil Hellfire yang menghancurkan konvoi mobil Soleimani.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading