Sayonara! Web Streaming Film Ilegal IndoXXI Resmi Ditutup

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
01 January 2020 07:38
Web streaming dan situs torrent pengunduh film gratis terpopuler, IndoXXI akan menutup layanan per 1 Januari 2020 dan kini situs tersebut tidak bisa diakses.
Jakarta, CNBC Indonesia - Situs web streaming dan situs torrent pengunduh film gratis terpopuler, IndoXXI dijadwalkan akan menutup layanannya per 1 Januari 2020. Dan kini situs tersebut tidak bisa diakses.

Setelah ditelusuri oleh tim CNBC Indonesia, Rabu, (1/01/2020), situs IndoXXI telah resmi ditutup dan berganti menjadi 'internet baik'.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate  berencana untuk memblokir situs penyedia layanan streaming film ilegal, salah satunya IndoXXI.



Johnny menjelaskan posisi pemerintah adalah tak ingin Indonesia marak dengan pembajakan dan penjiplakan. "Emang negara ini bisa maju kalau bajak-bajakan, sarjana pakai bajakan bisa gak?" kata Johnny, Senin (23/12/2019).

Ia menegaskan, keinginan kementerian adalah untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam negeri. "Kalau bajak terus, negara kita masuk daftar negatif negara lain," lanjutnya.

Pertimbangan lainnya adalah ia tidak ingin Indonesia seperti salah satu negara, yang tidak mau ia sebut, yang sedang dituntut karena maraknya pembajakan.

Sebelumnya, Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan, dalam menegakkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Kominfo berencana untuk menghapus keberadaan film bajakan di website streaming dan situs torrent di situs yang paling populer saat ini IndoXXI. 

Dalam menegakkan HAKI tersebut, Kemenkominfo akan bekerja sama dengan  Coalition Against Piracy (CAP) dan Ditjen HAKI Kemenkumham.

"Kita kerja sama. Memang kami tahun depan akan fokus ke pelanggaran HAKI. Kami tidak bisa sendirian, saya juga sudah berbicara dengan Dirjen HAKI," ujar Semuel seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin (23/12/2019).

Lebih lanjut, Semuel mengatakan Kemenkominfo tak hanya akan fokus terkait pelanggaran HAKI di sektor film dan video, tapi juga merambah ke pembajakan lagu hingga buku.

"Sekarang yang kita lihat bukan hanya video, tapi musik dan buku juga. Di era digital HAKI itu penting, anak muda produksi karya dengan HAKI harus dilindungi," ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]

Fakta Menarik: Masyarakat Indonesia Doyan Bajakan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading