Kenapa IndoXXI Ditutup?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 December 2019 16:08
Alasan IndoXXI ditutup Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jangan kaget yah!
Jakarta, CNBC Indonesia - Mulai 1 Januari 2020 masyarakat di tanah air tidak akan bisa lagi menonton lewat web streaming film IndoXXI. Pasalnya, situs populer ini memutuskan untuk berhenti beroperasi.

Dalam keterangannya di situs IndoXXI disebutkan penutupan ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air.

"Sangat berat hati harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah ari, semoga ke depan akan menjadi lebih baik. Salam INDOXXI," tulis pengelola, seperti dikutip Jumat (27/12/2019).


Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan streaming film ilegal seperti IndoXXI harus ditutup demi melindungi hak kekayaan intelektual pembuatnya.


"Situs terpaksa di-take down karena menggunakan situs secara salah. Negara kita menghormati kekayaan intelektual," ujarnya.

Para pembuat film menghasilkan cuan dari royalti penayangan film secara resmi. Film bajakan yang tidak ditayangkan di IndoXXI tidak resmi dan tidak membayar royalti.

Johnny Plate menambahkan pemerintah juga ingin mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam negeri serta tak ingin Indonesia dituntut karena maraknya pembajakan.

"Kalau bajak terus, negara kita masuk daftar negatif negara lain," terangnya.

Namun pemblokiran ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan memblokir situs. Kominfo perlu bekerja sama dengan kepolisian dan BSSN.

[Gambas:Video CNBC]

Cara IndoXXI Cetak Cuan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading