Huawei P40 Pro Rilis 2020, Ganti Android dengan HarmonyOS?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
18 December 2019 19:34
Huawei Technologies sudah menjadwalkan peluncuran ponsel baru, Huawei P40 Pro pada akhir Maret 2020. Peluncurannya akan dilakukan di Paris, Perancis.
Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei Technologies sudah menjadwalkan peluncuran ponsel baru, Huawei P40 Pro pada akhir Maret 2020. Peluncurannya akan dilakukan di Paris, Perancis.

Hal ini diungkapkan CEO Huawei Consumer Ricahard Yu, Seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (18/12/2019). Ponsel ini disebut sebagai iPhone killer.


Sayang dalam acara tersebut Richard Yu tidak menjawab secara pasti apakah Huawei P40 Pro akan kembali menggunakan Android atau sama seperti pendahulunya Huawei P30 Pro.


Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi kepada Huawei pada Mei lalu yang mewajibkan raksasa teknologi China ini harus mendapatkan izin dari kementerian perdagangan bila ingin berbisnis dengan perusahaan AS.

Hingga kini Huawei belum mendapatkan lisensi dari Departemen Perdagangan untuk bisa berbisnis dengan Google. Hal ini membuat ponsel terbaru Huawei tak akan bisa menggunakan aplikasi-aplikasi bawaan Google seperti Play Store, Gmail, YouTube, Maps dan lain sebagainya.

Hal ini terjadi pada Huawei P30 Pro di mana pengguna menggunakan store milik Huawei yang belum memiliki banyak rekanan developer. Gmail, YouTube dan aplikasi Google lainnya bisa diakses lewat browser.

Sebelumnya, Huawei telah memperkenalkan sistem operasi sendiri yang diberi nama HongMeng di China dan HarmonyOS di Eropa. Sistem operasi ini dibuat untuk mengurangi ketergantungan pada perusahaan lain.

Hingga kini HarmonyOS belum digunakan di ponsel buatan Huawei sebab Huawei masih berharap bisa bekerja sama dengan Android.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading