OJK: Investasi Pertanian Tinggal di Apps, Tak Perlu Cangkul

Tech - Cantika Adinda Putri & Monica Wareza, CNBC Indonesia
06 November 2019 14:45
OJK: Investasi Pertanian Tinggal di Apps, Tak Perlu Cangkul
Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan perbankan agar mampu mengadopsi teknologi dengan cepat dan OJK akan memberikan dukungan penuh dengan tetap memperhatikan kehati-hatian.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK Boedi Armanto mengatakan kondisi saat ini sudah jauh berbeda dengan dahulu. Sekarang semua mengarah ke adopsi teknologi dalam melayani nasabah.


"Jadi sudah berubah semua dan saat ini dengan Pak Sunarso (Dirut BRI) sama ceritanya. Mau invest pertanian, yang saya lakukan adalah investasi melalui aplikasi, tidak perlu mencangkul lagi," jelas Boedi Armanto di Jakarta, Rabu (6/11/2019).


Boedi Armanto menambahkan perbankan harus berpacu dengan teknologi dan berinvestasi dengan teknologi dan harus dilakukan mulai dari sekarang dan cepat untuk itu perlu kolaborasi dengan fintech.

"Ke depan 2025 bank jangan ketinggal, seperti novel dan buku yang sekarang udah gak zaman. Bank kalau udah bisa mengikuti teknologi yang ada dengan kolaborasi dengan startup agar bisa lebih berkembang," jelas Boedi.

Boedi Armanto juga berbicara soal konsolidasi perbankan untuk bisa bersaing dalam era teknologi. Menurutnya OJK telah membolehkan bank yang besar melakukan merger atau akuisisi kolaborasi dengan bank kecil di mana bank kecil jadi satelitnya.

"Jadi bank bisa semakin kuat dan berkolaborasi," terangnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading