Begini Cara Memanfaatkan Media Sosial Secara Optimal!

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
04 November 2019 06:08
Bermain media sosial (medsos) merupakan hal yang menyenangkan. Salah satunya dapat berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia
Namun, menurut Ismail, perlu juga diketahui konsekuensi dari bermain medsos, seperti keuntungan dan kerugiannya. Untuk masyarakat biasa, keuntungan bermain medsos bisa membuat mereka berinteraksi dengan orang dari berbagai belahan dunia, bisa mendapatkan informasi terbaru, dan juga dapat menyampaikan kelebihan dan karya-karya pengguna.

"Misalnya ada orang yang sifatnya agak pemalu di dunia nyata, mungkin kalau dia muncul dengan sendirinya, keahliannya tidak terlihat oleh orang lain. Tapi ketika dia main media sosial, keahliannya terlihat. Misalnya dia membuat tulisan, lukisan, bikin karya ini dan itu, dan kemudian diapresiasi oleh publik," ujarnya.


Apalagi medsos dapat menjangkau apapun. Pesan yang dikirim bisa langsung diterima oleh siapapun dengan mudah lewat media sosial. Tanpa harus ada proker, tanpa harus melewati jenjang ini-itu, dan tentu tanpa harus ada perantara.


"Pengguna medsos bisa memanfaatkan platform dengan baik. Bisa juga mempromosikan dagangan mereka. Karena itu yang harusnya mereka manfaatkan," imbuh Ismail.

Untuk kerugian medsos sendiri, Ismail lebih menekankan kepada penggunanya, bukan platformnya. Sebab jika pengguna tidak tahu bagaimana cara memanfaatkan media sosial dengan baik, akibatnya yang ada mereka malah dimanfaatkan oleh medsos itu sendiri.

"Dimanfaatkan dalam bentuk, biasanya yang ingin menyebarkan hoaks buat keramaian, membuat pro dan kontra. Mereka tanpa tahu, mereka diharapkan untuk ikut meramaikan dan dimanfaatkan sebagai alat saja, padahal kan mereka tidak mendapatkan untung dari situ. Mereka hanya emosinya yang sama-sama gak suka," paparnya.

"Jadi terkadang mereka happy, tapi sebenarnya mereka dimanfaatkan oleh media sosial. Media sosial itu cenderung kayak post truth, yaitu kebenaran mengikuti perasaan," lanjutnya.



Data Pengguna Diambil Untuk Apa?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading