Wah, Uang Facebook Libra Bisa Rusak Bisnis Tencent & Alibaba

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
28 October 2019 10:51
Uang Facebook Libra bisa rusak bisnis perusahaan pembayaran digital Alipay milik Alibaba dan Wechat Pay milik Tencent.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pihak yang khawatir dengan kelahiran uang digital Facebook Libra ternyata bukan hanya Bank sentral, tetapi juga Tencent Holdings. Tencent menyebut rencana Uang Facebook Libra sebagai rencana "radikal dan berani" tetapi sebenarnya "jernih dan bijaksana".

Dalam buku putih (whitepaper) blockchain yang dirilis hari ini, Tencent menulis Facebook Libra dapat menimbulkan ancaman serius terhadap sistem pembayaran digital yang ada termasuk WeChat Pay dan Alipay milik Alibaba. Sebab masyarakat bisa beralih ke Libra dan meninggalkan dompet digital yang ada.




Masyarakat sudah terbiasa untuk menggunakan Facebook. Berdasarkan laporan Statista ada lebih dari 2,41 miliar pengguna Facebook. Bila ditambah dengan pengguna WhatsApp dan Instagram, jumlah pengguna Libra akan semakin besar lagi.

"Libra, jika sukses diluncurkan ... tidak hanya akan berdampak pada lembaga keuangan tradisional tetapi juga merusak perusahaan internet, termasuk Tencent dan Alibaba, yang memiliki sistem pembayaran yang sudah kuat dan menghambat ekspansi global mereka," tulis Tencent seperti dilansir CNBC Indonesia dari South China Morning Post, Senin (28/10/2019).

Wah, Uang Facebook Libra Bisa Rusak Bisnis Tencent & AlibabaFoto: Libra (REUTERS/Dado Ruvic)

Tencent memperkirakan jika diizinkan beroperasi, ekspansi Libra pertama dimulai dari negara-negara berkembang dengan infrastruktur keuangan yang lemah, terutama pada masyarakat yang tidak memiliki akses ke layanan perbankan dan kemudian ekspansi ke negara maju.

Libra adalah mimpi bos Facebook Mark Zuckerberg mengirimkan uang semudah mengirim pesan. Rencananya uang di digital ini akan diluncurkan pada pertengahan 2020 tetapi banyak ditentang oleh bank sentral karena bila terjadi masalah pada Libra bisa berdampak sistemik pada sistem keuangan global.




Tencent sendiri merupakan pemilik Super App WeChat yang memiliki 1 miliar lebih pengguna aktif. Ia memiliki dompet digital WeChat Pay yang mendominasi sektor pembayaran digital China bersama dengan Alipay. Diperkirakan keduanya menguasai 80% transaksi pembayaran digital China.


Ide pembuatan uang digital juga digulirkan oleh bank sentral China. People Bank of China (PBoC) berencana luncurkan uang digital dalam beberapa bulan ke depan. Uang digital ini akan dioperasikan Tencent, China Union Pay dan Ant Financial.

Wah, Uang Facebook Libra Bisa Rusak Bisnis Tencent & AlibabaFoto: Infografis/Donald Trump dan Mereka yang tolak facebook Libra/Aristya Rahadian Krisabella

Simak video tentang Facebook Libra di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]




(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading