Dari Apartemen Kecil, Ini Kisah Jack Ma Besarkan Alibaba

Tech - Rehia Sebayang
, CNBC Indonesia
15 October 2019 15:20
Dari Apartemen Kecil, Ini Kisah Jack Ma Besarkan Alibaba
Jakarta, CNBC Indonesia - Berharta US$ 37,7 miliar atau sekitar Rp 527 triliun per Selasa (15/10/19), Jack Ma berhasil menduduki peringkat satu daftar orang terkaya di China tahun 2019 versi Forbes.
 
Kekayaan Ma berhasil diperolehnya dari mendirikan dan menjalankan perusahaan e-commerce Alibaba. Menurut laporan E-commerce Business China, Alibaba yang adalah salah satu merek e-commerce yang terkenal di dunia, didirikan pertama kali pada bulan Juni 1999. Sebelum mendirikan Alibaba, Ma bekerja sebagai guru bahasa Inggris.


Ma mendirikan Alibaba bersama dengan 18 mitranya di sebuah apartemen kecil di Hangzhou. Kemudian pada bulan oktober, Alibaba memperoleh modal ventura pertama sebesar US$ 5 juta. Penggalangan dana itu dipimpin oleh Fidelity Investment.
 
Selanjutnya pada tahun 2000, Alibaba meluncurkan Chinese Suppliers yang menyediakan layanan e-commerce untuk perusahaan menengah dan sedang. Pada tahun-tahun selanjutnya, bisnis Alibaba makin berkembang hingga ke luar negeri, dan meluncurkan layanan International TrustPass pada Maret 2003.

Dari Apartemen Kecil, Ini Kisah Jack Ma Besarkan AlibabaFoto: infografis/Ilmu dari jack ma untuk para wirausahawan/Aristya Rahadian krisabella
 
Dua bulan kemudian, pada Mei, situs belanja Taobao lahir. Dalam 20 hari awal peluncurannya, pengunjungnya sudah mencapai 10.000 orang. Pada bulan Oktober, sistem pembayaran online Alipay dirilis, dan dengan platform pembayaran yang bermanfaat ini, Alibaba berhasil mencapai pendapatan harian sebesar 1 juta yuan.
 
Pada Januari 2004, total turnover Taobao mencapai 34 juta yuan, dengan pengunjung harian 3 juta orang, dan menjual 800.000 item. Platform ini bahkan memiliki anggota lebih dari 230.000 orang. Pada bulan Juni di tahun yang sama Taobao meluncurkan Alitalk, alat pengiriman pesan instan untuk pembeli dan penjual.



Pada Desember 2004, Alipay dipisahkan dari Taobao dan mulai beroperasi secara mandiri. Setahun kemudian Alipay berhasil tumbuh menjadi platform prmbayaran besar dan Taobao berhasil menjadi platform belanja online terbesar di Asia. Pada bulan Agustus tahun yang sama, Alibaba Group mengakuisisi Yahoo China dan menjadikannya mesin pencari utama bagi milyaran pengguna China.
 
Pada Mei 2006, Taobao Mall didirikan. Ini merupakan situs belanja online lainnya yang diluncurkan Alibaba. Kemudian pada Januari 2007, Ali Software didirikan di Shanghai, yang berarti Alibaba telah memasuki bidang perangkat lunak perdagangan. Pada November 2007, Alibaba go public di Hong Kong.

Dari Apartemen Kecil, Ini Kisah Jack Ma Besarkan AlibabaFoto: Infografis/Kisah Sukses Jack Ma/Edward Ricardo

Pada bulan Mei 2008, bersama dengan Softbank, Alibaba mendirikan perusahaan patungan (joint company) untuk memperluas pasar Jepang. Pada Agustus 2008, pengguna terdaftar telah meningkat menjadi 100 juta orang, volume perdagangan harian juga meningkat menjadi lebih dari 450 juta dan transaksi harian lebih dari 2 juta.
 
Pada 2014, Alibaba melakukan initial public offering (IPO) di New York, IPO ini mencetak rekor sebagai penawaran saham publik terbesar di dunia, mengumpulkan US$ 25 miliar.


Kekayaan bersih Alibaba per 14 Oktober 2019 adalah US$ 440,03 miliar, mengutip Macro Trends.
 
Ma yang mengundurkan diri sebagai CEO Alibaba pada September lalu, diketahui memiliki emat kunci utama dalam membangun Alibaba. Pertama adalah untuk memiliki sikap gigih.
 
"Ada banyak orang yang lebih pintar dan lebih rajin dari kita, tetapi mengapa kita mendapat banyak uang sementara yang lain tidak? Alasan pentingnya adalah kegigihan." Katanya.
 
Ketiga alasan lainnya adalah memiliki kepercayaan, mau belajar, dan melakukan hal-hal yang benar dengan cara yang benar.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading