Alasan di Balik Semua Ponsel Wajib Pakai Android 10

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
10 October 2019 12:37
Alasan di Balik Semua Ponsel Wajib Pakai Android 10 Foto: android 10 (detikINET/Anggoro Suryo Jati)
Jakarta, CNBC Indonesia - Google memiliki persyaratan baru bagi produsen smartphone. Bagi yang ingin permohonan lisensi android di kabulkan harus mengguna Android 10. Persyaratan ini berlaku bagi pengajuan izin setelah 31 Januari 2020.

Artinya, produsen yang ingin menerbitkan ponsel baru tetapi mengajukan permohonan sebelum 31 Januari 2020 masih diizinkan menggunakan OS android 9 ke bawah. Namun, Google akan berhenti memberikan pembaruan pada Android 9 hingga Android 11 dirilis yang diprediksi pada Agustus 2020.


Pengumuman ini disampaikan pada versi terbaru dari persyaratan GSM Google. GSM berisi deretan aplikasi bawaan Google seperti Play Store. Bila tak dipenuhi maka Google tak terbitkan lisensi layanan mitra OEM (original equipment manufacturer), seperti dikutip dari Economic Times, Rabu (10/10/2019).


Persyaratan baru ini diperkirakan untuk meningkatkan penggunaan OS Android terbaru yang sekarang terkesan sangat lambat untuk diterapkan produsen ponsel. Padahal Google mengklaim OS baru selalu menawarkan sistem keamanan perangkat yang lebih baik.

Alasan di Balik Semua Ponsel Wajib Pakai Android 10Foto: android 10 (ist)

Huawei Hate 30 merupakan ponsel yang tidak mendapatkan lisensi GSM sehingga ponsel ini tidak memiliki aplikasi bawaan Google seperti Gmail, YouTube, dan Play Store secara pre-installed.

Android 10 diluncurkan pada September lalu. OS terbaru android ini baru tersedia pada deretan ponsel Pixel yang merupakan smartphone keluaran Google.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading