Android 10 Wajib Digunakan 2020, Ternyata Ada 7 Fitur Baru

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
12 October 2019 16:38
Android 10 Wajib Digunakan 2020, Ternyata Ada 7 Fitur Baru Foto: android 10 (ist)
Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun depan Google akan mewajibkan semua smartphone menggunakan Android 10. Hal ini disampaikan dalam persyaratan GSM Google. Kebijakan ini juga akan berlaku pada ponsel baru setelah 31 Januari 2019.

Bila produsen ponsel tidak mengikuti ketentuan ini, maka Google tidak akan menerbitkan lisensi layanan mitra OEM (original equipment manufacturer).

Dikutip dari Economic Times, Rabu (10/10/2019), Google tetap memberikan dukungan terhadap Android 9 Pie. Dukungan diberikan dalam bentuk pembaruan fitur hingga Agustus 2020 setelah meluncur Android 11.

Sementara untuk pengguna Android 9 Pie ke bawah Google tidak akan memberikan pembaruan fitur. Pembaruan hanya diberikan jika ditemukan ada celah keamanan yang membuat pengguna ponsel menghadapi risiko hacker dan tindak kejahatan lainnya.


Persyaratan ini diperkirakan untuk meningkatkan penggunaan OS Android terbaru yang sekarang terkesan sangat lambat untuk diterapkan produsen ponsel. Padahal Google mengklaim OS baru selalu menawarkan sistem keamanan perangkat yang lebih baik.

Android 10 diluncurkan pada September lalu. OS terbaru android ini baru tersedia pada deretan ponsel Pixel yang merupakan smartphone keluaran Google.

Jika ponsel tidak mendapatkan linsensi GSM, maka ponsel tersebut tidak bisa memiliki aplikasi bawaan Google seperti Gmail, Youtube, dan Playstore secara pre-installed.

Fitur Android 10

Dilansir dari Gizmodo meski dinilai lambat, Android terbaru besutan Google ini memiliki beberapa fitur canggih yang bisa dinikmati pengguna.

1. Smart Replies
Smart Replies mendapat peningkatan di Android 10. Jika sebelumnya fitur ini digunakan untuk memilih pesan yang telah ditentukan, kini fitur ini akan mengenali tautan Google Maps, video YouTube, dan URL lain yang tersemat dalam pesan, juga memungkinkan pengguna beralih ke aplikasi yang relevan langsung dari pop-up notifikasi.

2. Dark mode
Dark mode dan mode gelap adalah aplikasi yang akan mengurangi penggunaan baterai. Dark mode juga lebih ramah pada mata yang terus tertuju pada ponsel.

3. Live Caption video
Salah satu fitur yang mengesankan dari Android 10 adalah Live Caption. Pasalnya, ketika melihat sebuah video secara otomatif akan muncul teks di dalam video. Teks muncul secara real-time.

4. Kelola privasi dengan lebih mudah
Android 10 membuat pengaturan privasi pada ponsel sejalan dengan apa yang dapat pengguna bisa akses melalui laman akun Google anda di web. Jika pengguna masuk ke Pengaturan (setting), lalu ketuk Privasi dan Tingkat Lanjut, pengguna akan dapat mengakses opsi Kontrol aktivitas, seperti di web. Ini memungkinkan pengguna memilih cara yang lebih baik untuk Google melacak penggunanya

5. Amplifikasi suara dan media
Google mencantumkan Sound Amplifier sebagai fitur Android 10, pada Android 6 dan ke seterusnya fitur ini tersedia sebagai unduhan terpisah. Fitur ini akan memungkinkan pengguna mengurangi kebisingan mengganggu di sekitar ponsel.

6. Ubah notifikasi menjadi hening
Android 10 memperkenalkan cara lain untuk menangani notifikasi yang berlebihan, notifikasi hening. Aplikasi ini tidak akan bergetar atau mengeluarkan suara, dan notifikasi yang masuk tidak akan membuat layar smartphone anda menyala.

7. Lebih Mudah Berbagi
Panel Share telah dirubah pada Android 10. Selain membuka lebih cepat berkat beberapa tweak rekayasa, itu juga diatur secara lebih cerdas untuk mempromosikan orang-orang dan aplikasi yang paling sering dibagikan (share) pengguna.


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading