Mulai 2020 Semua HP Wajib Pakai Android 10, yang Lain Gimana?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 October 2019 06:39
Mulai 2020 Semua HP Wajib Pakai Android 10, yang Lain Gimana? Foto: REUTERS/Beawiharta
Jakarta, CNBC IndonesiaGoogle mewajibkan semua produsen smartphone menggunakan android 10. Kebijakan ini berlaku pada semua ponsel baru yang akan meluncur setelah 31 Januari 2019.

Pengumuman ini disampaikan pada versi terbaru dari persyaratan GSM Google. GSM berisi deretan aplikasi bawaan Google seperti Play Store. Bila tak dipenuhi maka Google tak terbitkan lisensi layanan mitra OEM (original equipment manufacturer), seperti dikutip dari Economic Times, Rabu (10/10/2019).





Meski mewajibkan menggunakan Android 10, Google masih tetap memberikan dukungan terhadap Android 9 Pie. Dukungan diberikan dalam bentuk pembaruan fitur hingga Agustus 2020 setelah meluncur Android 11.

Lalu bagaimana dengan pengguna Android 9 Pie ke bawah? Google tidak akan memberikan pembaruan fitur. Pembaruan hanya diberikan jika ditemukan ada celah keamanan yang membuat pengguna ponsel menghadapi risiko hacker dan tindak kejahatan lainnya.

Persyaratan baru ini diperkirakan untuk meningkatkan penggunaan OS Android terbaru yang sekarang terkesan sangat lambat untuk diterapkan produsen ponsel. Padahal Google mengklaim OS baru selalu menawarkan sistem keamanan perangkat yang lebih baik.

Huawei Hate 30 merupakan ponsel yang tidak mendapatkan lisensi GSM sehingga ponsel ini tidak memiliki aplikasi bawaan Google seperti Gmail, YouTube, dan Play Store secara pre-installed.

Android 10 diluncurkan pada September lalu. OS terbaru android ini baru tersedia pada deretan ponsel Pixel yang merupakan smartphone keluaran Google.





(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading