Fintech Summit & Expo 2019

QR Code Berstandard RI Dirilis, GoPay & OVO Cs Diuntungkan?

Tech - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
24 September 2019 13:36
BI baru saja meluncurkan standaridisasi QR Code (QRIS) untuk sistem pembayaran Indonesia. QRIS akan digunakan oleh perbankan dan fintech pembayaran.
Jakarta, CNBC IndonesiaBank Indonesia (BI) baru saja meluncurkan standaridisasi QR Code (QRIS) untuk sistem pembayaran Indonesia. QRIS akan digunakan oleh perbankan dan fintech pembayaran.

Director of Enterprise Payment, OVO, Harianto Gunawan mengatakan QRIS adalah program sharing infrastruktur sehingga bisa meningkatkan skala pembayaran digital. Saat ini pangsa pembayaran digital baru 2-3% dari pembayaran nasional.


"Kalau tiap-tiap orang masih investasi sendiri-sendiri ini masih tidak efesien. Itu inisiatif baik sekali dari BI. Kami sangat full support, itu sesuatu yang baik," ujarnya ketika ditemui dalam forum Fintech Summit and Expo 2019 di Jakarta, Selasa (24/9/2019).


Harianto Gunawan menambahkan untuk QRIS satu hal yang sangat penting adalah edukasi yang dilakukan bersama-sama agar bisa menyakinkan semua pihak untuk mengadopsi QRIS.

"Saya rasa itu fokus incoming cross border. Traveling ke Indonesiabisa digital payment. Saya rasa itu baik sekali," ujarnya.

"Saya rasa tiak akan saling berkompetisi dengan ada QRIS karena semua pemain punya costumer dan sudah ditata dengan baik bagaimana player Indonesia bisa berkolaborasi," ujarnya.

QRIS merupakan menyeragaman standard dari QR Code yang dimiliki oleh fintech pembayaran dan bank. Nantinya semua merchant hanya perlu satu alat untuk membaca QR Code yang disediakan fintech dan bank.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading