Revolusi Industri 4.0, Rudiantara: Lupakan soal Teknologi

Tech - Cantika Adinda, CNBC Indonesia
12 September 2019 15:35
Revolusi Industri 4.0, Rudiantara: Lupakan soal Teknologi Foto: Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (CNBC Indonesia/Monica Wareza)
Jakarta, CNBC IndonesiaRevolusi Industri 4.0 jadi hal yang banyak ditakutkan oleh masyarakat. Pasalnya, otomatisasi yang akan melanda industri membuat banyak pekerjaan hilang dan bisnis berubah.

Bagi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan dalam untuk menghadapinya masyarakat tidak perlu berpikir tentang teknologi sebab teknologi akan terus berubah.


"Yang perlu kita lakukan adalah berpikir mengubah mindset kita, mencari cara baru. Sekali lagi out of the box thinking is not enough what we need is no box thinking. Jadi berpikir begitu, cara baru, cara baru apa lagi," ujarnya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (12/9/2019).


Rudiantara bisnis masa depan terkait data free flow with trust yang berkaitan dengan data personal yang betul-betul harus diproteksi.

"Tapi personal data ini yang harus kita hadapi. Jadi teman-teman jangan terkecoh oleh jualan IT. Jadi harus di drive, saya sebagai CEO, saya sebagai owner, saya mau buat bottom line begini. Saya mau balance sheet-nya life balance sheet. Karena model sekarang itu model kolaborasi," terangnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading