Rudiantara: Anak Muda Paling Males Regulasi!

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
05 September 2019 12:40
Rudiantara menegaskan pemerintah akan mengubah peran dari sebelumnya hanya sebagai regulator kini jadi fasilitator.

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan pemerintah akan mengubah peran dari sebelumnya hanya sebagai regulator, kini akan menjadi fasilitator guna mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan atau startup lebih tinggi lagi.

"Kita mengganti roles [peran] yang tadinya sebagai roles enggak fokus ke regulasi. Startup dan anak muda paling males regulasi. Sekarang success rate startup 5% kalau diterapkan aturan heavy [berat] akan makin sulit sukses makanya kita enggak terapkan aturan [berat] biar berkembang. Pemerintah jadi fasilitator bagaimana pemerintah fasilitasi," kata Rudiantara dalam gelaran Google Cloud Summit di JIExpo Convention Center and Theatre, Kemayoran, Jakarta, Kamis (5/9/2019).


Dia mengatakan
pemerintah akan mengakselerasi 1.000 startup program agar bisa maju. "Google juga punya untuk memajukan startup Indonesia untuk bisa jadi next startup. Saya kolaborasi dengan unicorn Indonesia untuk accelerate the bird of upcoming unicorn. 2019 ini akan ada satu unicorn lagi," imbuhnya.

Menurut dia pemerintah berubah peran dari sekadar regulator menjadi fasilitator, tetapi regulasi tetap ada untuk melindungi konsumen.

Dalam kesempatan itu Rudiantara juga menyambut baik kehadiran Google Cloud di Indonesia. Ini mengingat hanya ada 20 lokasi data center Google di dunia dan Indonesia akan menjadi salah satunya.

"K
ita jadi keluarga, hanya ada 20 lokasi di dunia yang menjadi data center dan di Indonesia salah satunya," katanya.


Pada April lalu, Google memang mengumumkan membuka data center Google Cloud Region di Indonesia pada 2020 nanti. Rencana ini diumumkan dalam konferensi Google Cloud Next di San Francisco, pada 10 April lalu. Lokasinya ditetapkan di Jakarta guna mendukung ekspansi bisnis Google secara global, khususnya di Asia.

Menkominfo menegaskan dengan ramai munculnya perusahaan startup, pemerintah terus mendorong data center. "Kita tidak bisa avoid cloud services [menghindari layanan cloud] terutama startup. Dan ini future Indonesia ekonomi."


Foto: infografis/ infografis 5 peringkat teratas decadorn dan unicorn di asia/Aristya Rahadian Krisabella

(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading