Jokowi Bicara Disrupsi Digital & Hilangnya Profesi Lama

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 August 2019 11:58
Jokowi Bicara Disrupsi Digital & Hilangnya Profesi Lama Foto: Presiden RI Jokowi (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti soal disrupsi digital yang membuat banyak profesi lama hilang dalam pidato kenegaraannya di hadapan DPR, DPD dan MPR, Jumat (16/8/2019).

Jokowi mengatakan, di era disrupsi ini kemapanan bisa runtuh ketidakmungkinan bisa terjadi.

"Jenis pekerjaan bisa berubah setiap saat, banyak jenis pekerjaan lama yang hilang. Tetapi juga makin banyak jenis pekerjaan baru yang bermunculan. Ada profesi yang hilang, tetapi juga ada profesi baru yang bermunculan," ujarnya.


Jokowi menambahkan, di era disrupsi ini ada pula pola bisnis lama yang tiba-tiba usang dan muncul pola bisnis baru yang gemilang dan mengagumkan.


"Ada keterampilan mapan yang tiba-tiba tidak relevan dan ada keterampilan baru yang meledak yang dibutuhkan," terangnya.

Jokowi mengungkapkan, pada era disrupsi ini Indonesia tidak takut terhadap persaingan. Indonesia harus menghadapi persaingan dengan kreativitas, inovasi dan kecepatan.

"Karena itu tidak ada pilihan lain, kita harus berubah. Cara-cara lama yang tidak kompetitif tidak bisa diteruskan. Strategi baru harus diciptakan. Cara-cara baru harus dilakukan," ungkap Jokowi.

"Kita tidak cukup hanya lebih baik dari sebelumnya. Tetapi kita harus lebih baik dari yang lainnya. Sekali lagi, kita tidak cukup hanya lebih baik dari sebelumnya. Tetapi kita harus lebih baik dari yang lainnya." (roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading