Riset UI: Mitra Driver Lebih Bahagia Setelah Gabung Gojek

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
12 August 2019 12:49
Riset UI: Mitra Driver Lebih Bahagia Setelah Gabung Gojek Foto: Garibaldi Thohir (Boy Thohir) Bergabung Menjadi Komisaris Gojek (dok. Gojek)
Jakarta, CNBC Indonesia- Besarnya kontribusi mitra driver pada perekonomian Indonesia juga harus dibarengi dengan kepuasan dan kebahagiaan mitranya. Penelitian Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menyatakan setelah bergabung dengan Gojek, mitra tergolong cukup puas dengan hidupnya yang menjadi lebih merasa bahagia.

Peneliti LD FEB UI Bagus Takwin menyatakan setelah bergabung dengan Gojek, mitra memaknai pekerjaan mereka lebih dari sekadar menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Mereka melihat hidup menjadi lebih bermakna karena dengan menjadi mitra Gojek, mereka bisa membantu banyak orang dan menebarkan kebaikan," kata Bagus dalam rilisnya, Senin (12/08/2019).




Berdasarkan pengukuran kepuasan hidup mitra yang menggunakan instrumen The Satisfaction with Life Scale (SWL) dari Pavot dan Diener (2013), skor rata-rata kebahagian mitra yang ditemukan pada penelitian ini adalah 24,3 dari skala maksimal 35.

Lima faktor utama di balik kebahagiaan mitra Gojek, pertama kesesuaian pekerjaan dengan kepribadian. Kedua, interaksi sosial dan rasa persaudaraan yang kuat, terutama keterlibatan di banyak komunitas. Ketiga, perasaan otonom dalam bekerja, khususnya kebebasan mengatur waktu kerja.

Keempat, penghargaan dalam bentuk apresiasi dari pelanggan, perusahaan dan teman, serta pembelajaran dari lingkungan sekitar. Kelima, perasaan dibutuhkan oleh masyarakat karena mampu meringankan beban banyak orang.

Bagus menyatakan berdasarkan konsep well-being Martin Seligman dalam penelitian ini, mitra merasakan unsur kebahagiaan seperti emosi positif yang melibatkan perasaan senang, bangga, bersyukur dan puas saat bermitra dengan Gojek.

Mitra juga juga merasakan keterlibatan intensif dalam pekerjaannya, karena sering terlibat dalam kegiatan yang mendorong mereka untuk menggunakan keterampilan, kekuatan, dan perhatian sepenuhnya saat bekerja.


Selain itu ada hubungan positif dengan orang lain, baik sesama mitra, pelanggan, komunitas, maupun masyarakat luas.

Mitra juga merasakan makna yang lebih karena mengerjakan hal yang dianggap penting dan membantu meringankan beban hidup orang lain. Mitra Gojek memiliki kesempatan untuk berprestasi ketika menjalankan tugasnya.

"Dalam konteks industri digital yang menganut sistem kemitraan seperti Gojek, makna kerja menjadi penting karena setiap orang punya pilihan dan otonomi dalam bekerja, yang mana ini lebih memberdayakan mitra," kata Bagus.


[Gambas:Video CNBC]



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading