Ini 4 Penantang Baru Gojek & Grab di Transportasi Online RI

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 August 2019 07:40
Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar transportasi online tanah air kini di dominasi Grab dan Gojek. Kedua berperang dalam layanan dan perang tarif diskon agar bisa menjadi pemenang utama.

Meski melibatkan aksi 'bakar duit' dalam jumlah besar, masih ada juga yang mau masuk pasar transportasi online Indonesia. Berikut beberapa penantang baru Grab dan Gojek di transportasi online.


Bitcar


Pada akhir Agustus ini, aplikasi Bitcar akan diluncurkan di Medan (Sumatera Utara) dan Surabaya (Jawa Timur) pada September. Aplikasi ini dikembangkan oleh Bitcar Sdn Bhd yang sudah bisa diunduh di aplikiasi ponsel Android dan iOS.


Chief Operational Officer (COO) Bitcar Christiansen Wagey mengatakan, pada tahap awal Bitcar hanya menjangkau kawasan Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek). Saat ini, sudah ada 1.000 mitra yang akan bekerja sebagai pengemudi taksi online Bitcar.

"Minggu pertama Agustus, sekarang kami lagi proses verifikasi data driver yang sudah mendaftar," kata Christiansen seperti dikutip dari CNNIndonesia, Selasa (6/8/2019).

Ini 4 Penantang Baru Gojek & Grab di Transportasi Online RIFoto: Infografis/Tarif Ojek Online/Arie Pratama

Christiansen Wagey menjelaskan skema bagi hasil yang diterapkan adalah 85% untuk mitra driver dan 15% bagi aplikator. Bitcar diklaim memiliki sistem kerja yang manusiawi karena jam kerja sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan yang berlaku.

Untuk promosi awal, Bitcar mengguna skema refferal (rujukan). Driver dan penumpang akan mendapatkan keuntungan dengan menyebarkan tautan untuk mengunduh aplikasi Bitcar. Jika mengunduh aplikasi melalui tautan tersebut, penumpang bakal mendapat komisi satu persen dari tarif perjalanan selama menggunakan Bitcar.


Nantinya, komisi tersebut akan diakumulasikan dihitung berdasarkan berapa banyak promosi itu berhasil membuat orang lain mengunduh Bitcar. Komisi bakal diberikan setiap bulan kepada pengguna melalui transfer bank.

"Kami lebih memberikan profit jangka panjang kepada driver dan masyarakat dengan sistem refferal," kata Christiansen.


Sementara itu, keuntungan untuk pengemudi ada komisi 1-3% tergantung syarat dan ketentuan yang berlaku. Tak hanya itu, ada komisi tambahan jika pengemudi sukses menggaet seseorang untuk menjadi pengemudi baru Bitcar.

Terakhir dia menyebut, Bitcar memberikan promosi menarik seperti potongan harga. "Untuk jangka pendek, di awal nanti akan mendapatkan gratis perjalanan pertama senilai Rp30 ribu. Dan kejutan-kejutan lainnya, coming soon, tunggu saja," kata Christiansen.

Simak video para pemain transportasi online yang digilas Grab dan Gojek di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


Lanjut ke halaman berikutnya >>>



HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading